Tapanuli Utara Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan 4.5 SR

Tapanuli Utara Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan 4.5 SR
Peta gempa bumi di Tapanuli Utara pada Kamis (6/10) (bmkg.go.id)

Analisadaily.com, Tarutung - Kabupaten Tapanuli Utarakembali diguncang gempa susulan Kamis (6/10) pukul 15.30 WIB. Belum diketahui dampak yang ditimbulkan, namun itu membuat situasi membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah. Getaran gempa terasa kuat dan dinding bangunan rumah pun berbunyi, karena bergesekan.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pukul 15.30 WIB ini dengan kekuatan 4,5 skala richer (SR) lokasi 2.09 LU 98.92 BT dengan lokasi 9 kilometer barat laut Tapanuli Utara dengan ke dalaman 2 kilometer.

Gempa susulan ini termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 6.0 SR yang erjadi 1 Oktober 2022 pukul 02:28 WIB.

Deputi III Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Pusat, Mayor Jenderal TNI Fajar Setyawan merilis gempa yang terjadi pada Sabtu (1/10) mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, 1.591 bangunan rusak.

"Terdiri dari rumah, tempat ibadah, rusa jalan, jembatan, pos-pos pendidikan, fasilitas kesehatan, dan kantor pemerintah," kata dia saat memberikan keterangan pers kepada wartawan didampingi Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak dan Bupati Taput, Nikson Nababan halaman kantor bupati Taput, Minggu, (2/10) lalu.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi