Lagi, Gempa Guncang Tapanuli Utara

Lagi, Gempa Guncang Tapanuli Utara
Salah satu lokasi kerusakan akibat gempa magnitudo berkekuatan 6.0 yang mengguncang Taput pada Sabtu (1/10) dini hari lalu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Gempa kembali terjadi dan mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jumat (7/10) sekira pukul 03. 00 WIB. Belum diketahui dampak yang terjadi akibat gempa.

Namun saat datangnya gempa susulan ini membuat situasi masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Gempa terasa kuat menggetarkan sisi-sisi rumah, sehingga terdengar berderik dan terjadi secara berulangkali.

Bahkan hingga pagi menjelang matahari terbit gempa masih terus terjadi dan menghantui masyarakat. Berdasarkan informasi, gempa susulan yang terjadi berkekuatan Magnitudo 5.0 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi 2.02 LU-99.01BT, berada pada posisi 5 kilometer timur laut Tapanuli Utara. Gempa susulan yang terjadi diduga masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama yang terjadi pada Sabtu (1/10) dini hari lalu yang berkekuatan M 6.0.

Deputi III Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Pusat Mayor Jenderal TNI Fajar Setyawan sebelumnya merilis gempa yang terjadi pada Sabtu (1/10) mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, dan sebanyak 1.591 bangunan mengalami kerusakan.

"Terdiri dari rumah, tempat ibadah, rusa jalan, jembatan, pos-pos pendidikan, fasilitas kesehatan, dan kantor pemerintah," ujarnya saat memberikan keterangan pers kepada wartawan didampingi Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Bupati Taput Nikson Nababan halaman kantor bupati Taput, Minggu, (2/10) lalu.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi