Pemko Tebingtinggi Ingatkan Warga Agar Waspada Banjir

Pemko Tebingtinggi Ingatkan Warga Agar Waspada Banjir
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tebingtinggi, Dedi Parulian Siagian. (Analisadaily/Efendi Lubis)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Pemeritah Kota Tebingtinggi, Dedi Parulilan Siagian, menyampaikan himbauan kepada seluruh stakeholder agar fokus kepada pencegahan resiko yang terjadi seperti banjir dan angin puting beliung.

"Pastikan infrastruktur pengendalian debit air sungai berjalan baik dan tidak ada sampah yang menghambat fungsi drainase," kata Dedi, Seni (10/10).

Selain bahaya banjir, fokus juga terhadap kondisi dahan dan ranting pohon tepi jalan guna mencegah resiko pohon tumbang akibat angin kencang.

"Tingginya curah hujan berpotensi menyebabkan angin kencang, sehingga perlu dilakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon. Kepada Kepling, petugas Kelurahan, Kecamatan, dan masyarakat supaya melaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup dapat segera ditindaklanjuti," sambungnya.

"Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar waspada dan bersiaga jika terjadi peningkatan debit air sungai dan segera melapor kepada Kepala Lingkungan, Kelurahan maupun Kecamatan atau dapat menghubungi Call Centre 112 untuk layanan darurat," tuturnya.

Sampai saat ini, Tim Satgas Banjir di seluruh Kecamatan dan Kelurahan sudah bergerak bersama Polres dan Koramil melakukan persiapan penanganan banjir seperti membuat jalur evakuasi, pendirian dapur umum, posko banjir dan tenda-tenda pengungsian serta tim medis.

"Dengan prioritas di wilayah yang rawan banjir seperti Kecamatan Padang Hulu dan Kecamatan Tebingtinggi Kota," tambah Dedi.

(FEL/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi