Sudut Inspirasi Meraih Beasiswa GenBI Sukses

Sudut Inspirasi Meraih Beasiswa GenBI Sukses
Sudut Inspirasi Meraih Beasiswa GenBI Sukses (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sudut Inspirasi Meraih Beasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang diselenggarakan UPT Perpustakaan UMSU bekerja sama Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sumatera Utara berlangsung sukses.

Hadir ratusan peserta yang memadati perpustakaan. Acara berlangsung di BI Coner Perpustakaan UMSU, Jalan Kapten Muktar Basri Medan, Kamis (20/10).

Kegiatan ini dibuka Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor III, Rudianto, dengan narasumber Asisten Direktur KPw BI Provinsi Sumatera Utara, Jazari Abdul Hamid. Tampak hadir Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi UMSU, Hasrudi Tanjung, Kepala UPT Perpustakaan KPw BI Provinsi Sumatera Utara, Husna Athiya.

Rudianto mengatakan UMSU merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di luar Pulau Jawa dan telah terakreditasi A. “Banyak beasiswa prestasi mahasiswa UMSU di tingkat nasional bahkan internasional,” ucapnya.

Dengan jumlah mahasiswa dan prodi yang banyak tentunya UMSU cukup layak dipertimbangkan untuk program beasiswa GenBI. Apalagi, ratusan mahasiswa yang kuliah di UMSU telah mendapat beragam beasiswa yang ditawarkan pemerintah bahkan juga swasta. “Semua program terkelola dengan manajemen yang baik,” ujarnya.

Dia mengajak agar mahasiswa terus belajar dan memanfaatkan perpustakaan. Saat ini perpustakaan tidak lagi hanya sekadar tempat membaca buku, tetapi sudah menjadi tempat yang asyik membangun koneksitas untuk peningkatan kompetensi diri mahasiwa.

Asisten Direktur KPw BI Provinsi Sumatera Utara, Jazari Abdul Hamid mengatakan sudah ada 5 universitas penerima beasiswa BI di wilayah kerja KPw BI Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu, ada skema yakni penerima beasiswa akan mendapat Rp1juta/orang/bulan (12 bulan) dengan kriteria, indeks prestasi 3.00 (PTN) dan 3.25 (PTS), 1 surat rekomendasi (tokoh akademik atau nontokoh akademik), resume pribadi dan surat motivasi, berasal dari keluarga sejahtera, umur maksimal 24 tahun.

“Ada juga program biaya pengelolaan program dan pembinaan komunitas Rp10juta/tahun,” ucapnya.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin mengatakan, program ini merupakan program dari Relawan Perpustakaan UMSU yang didukung perpustakaan. “Melalui program tersebut, diharapkan mahasiswa menjadi generasi yang lebih unggul ke depannya,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi