Dosen FISIP UMSU Lakukan Pelatihan Fotografi di Desa Belum Tersentuh Penerangan Listrik

Dosen FISIP UMSU Lakukan Pelatihan Fotografi di Desa Belum Tersentuh Penerangan Listrik
Dosen FISIP UMSU lakukan pelatihan fotografi di desa yang belum tersentuh penerangan listrik (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Fisip UMSU, Yayasan Orangutan Sumatera Lestari- Orangutan Information Center (YOSL- OIC) dan STFJ mengelar pelatihan fotografi dan ponsel android untuk kelompok masyarakat dalam program eko wisata di Dusun Pancasila Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sabtu (10/12) dan Minggu (11/12).

Sejumlah warga dengan latar belakang petani kebun dan wirausaha yang tinggal di kawasan perkebunan sawit dan karet Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur Kec Sei Lepan yang masih berbatasan dengan kawasan Louser tersebut dilatih oleh Dosen fotografi, FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Muhammad Said Harahap.

Ketua PFI Medan dan Juga Direktur STFJ, Rahmad Suryadi mengatakan, pelatihan fotografi tersebut merupakan kegiatan pengabdian organisasi STFJ agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Direktur YOSL-OIC Fransica Ariantiningsih ingin pada zaman modren saat ini masyarakat desa dari berbagai latar belakang pendidikan akan mendampatkan pendampingan dunia pendidikan eko wisata lewat fotografer yang mampu mempopulerkan potensi kawasan tempat tinggal mereka berasal dari desa wisata Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur Kecamatan Sei Lepan Langkat. Harapannya, para generasi muda dan masyarakat tersebut dapat mengembangkan potensi desa lewat progran ekowisata melalui visual fotografi.

"Materi diskusi yang diberikan pun cukup sederhana. Hanya seputar fotografi dasar dan fotografi ponsel.Kita ingin generasi muda dan masyarakat di sini bisa memanfaatkan fasilitas ponsel pintar yang mereka miliki jadi alat untuk berkarya," ujar Said Harahap.

Dosen Fotografi FISIP UMSU, Said Harahap mengungkapkan, pelatihan fotografi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan generasi muda untuk mempromosikan potensi desa dengan progran ekowisata tempat mereka bermukim.

Melalui kegiatan positif ini dapat melihat potensi masyarakat dan generasi muda di Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur Kec Sei Lepan Langkat, menyalurkan minat dan bakat mereka dalam mempelajari teknik fotografi android.

"Semoga melalui pelatihan fotografi tingakat dasar ini bagi masyarakat dan generasi muda dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk mempromosikan potensi desa dalam program ekowisata Dusun Pancasila ini, paling nggak melalui media sosial," ungkapnya.

Ketua Kelompok Dusun Pancasila Sutejo menilai pelatihan dan pendampingan yang dilakukan YOSL-OIC untuk ekowisata desa melalui fotografi yang digelar, sangat positif dan menarik.

Menurutnya, banyak potensi masyarakat dan generasi muda desa yang harus dikembangkan, karena dunia visual dan digital perlu dipahami dan dipelajari agar tidak tertinggal dari perkembangan teknologi.

"Kita mengembangkan potensi yang ada di Dusun Pancasil Desa Mekar Makmur Kec Selepan Langkat, menjadi lokasi wisata dan pusat pendidikan latihan," ucapnya.

"Meski kawasan pemukiman kami dekat dengan pusat administrasi Kabupaten Langkat namun kami masih belum tersentuh penerangan listrik dan jaringan internet, kami tetap bersemangat dan berterimakasih masih ada yang peduli dan mendampingi kami seperti YOSL-OIC dan FISIP UMSU yang sudah melatih masyarakat dan anak muda Dusun Pancasila, hari ini kami menerima ilmu dalam pelatihan fotografi. Kedepannya kita juga akan menyelenggarakan pelatihan lainya," tambah Sutejo.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi