Emiliano Martinez: Saya Tenang Selama Adu Penalti

Emiliano Martinez: Saya Tenang Selama Adu Penalti
Penjaga gawang Argentina, Emiliano Martinez menggendong anaknya usai memenangkan trofi Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Minggu (18/12) (Reuters/Carl Recine)

Analisadaily.com, Qatar - Argentina dibuat menderita sebelum akhirnya meraih gelar Piala Dunia pertama mereka dalam 36 tahun, karena dipaksa dua kali menyia-nyiakan keunggulan, termasuk dalam perpanjangan waktu sebelum mengalahkan juara bertahan Perancis 4-2 melalui adu penalti pada Senin (19/12) dini hari tadi.

"Itu adalah pertandingan di mana kami menderita," kata penjaga gawang Argentina, Emiliano Martinez, yang menyelamatkan satu penalti dalam adu penalti, tetapi juga menyelamatkan dua tendangan penalti lagi di perempat final melawan Belanda dilansir dari Reuters.

Pada malam yang penuh drama dan keberuntungan yang fluktuatif, Argentina menyia-nyiakan keunggulan 2-0 di waktu reguler sebelum kembali unggul di perpanjangan waktu dengan gol kedua Lionel Messi. Namun kemudian Kylian Mbappe melengkapi hat-tricknya menjadi imbang 3-3 pada menit ke-118 dengan penalti kedua Prancis yang memaksa adu penalti.

"Dua tembakan jelek dan mereka (Perancis) menyamakan kedudukan. Mereka memberi penalti lagi, mereka mencetak gol. Terima kasih Tuhan kemudian saya melakukan pekerjaan saya, apa yang saya impikan. Tidak mungkin ada Piala Dunia yang saya impikan seperti ini. Saya tenang selama adu penalti," kata Martinez.

Bagi pelatih Argentina, Lionel Scaloni, ini adalah akhir yang menegangkan dari turnamen yang penuh gejolak dan dia tidak dapat menahan air matanya setelah peluit akhir dibunyikan.

"Saya tidak percaya kami sangat menderita dalam pertandingan yang sempurna. Luar biasa, tetapi tim ini merespons semuanya," kata Scaloni.

"Saya bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Ini adalah grup yang menarik. Dengan pukulan yang kami terima hari ini, dengan hasil imbang, ini membuat Anda emosional. Saya ingin memberitahu orang-orang untuk menikmatinya, ini adalah momen bersejarah bagi negara kita," ujarnya.

"Kami yang hidup untuk ini dan yang telah melalui yang baik dan yang buruk terbiasa dengan hal-hal ini. Di atas segalanya, ini adalah kenikmatan yang luar biasa. Berada di puncak seperti sekarang adalah sesuatu yang unik," tutur Scolani.

Itu adalah gelar dunia ketiga untuk Argentina dan yang pertama sejak mendiang Diego Maradona memenangkan trofi hampir sendirian pada tahun 1986.

Bagi para pemain Argentina dan kapten Messi, yang mencetak dua gol dalam 120 menit sebelum juga mencetak gol dalam adu penalti, itu adalah gelar terbesar dalam karir mereka.

"Ini adalah momen yang tidak akan pernah saya hapus dalam hidup saya. Memiliki kesempatan untuk memenangkan Piala Dunia bersama negara saya sangat berharga. Mari kita ambil piala dan rayakan bersama," kata Enzo Fernandez, yang memenangkan penghargaan Pemain Muda.

Tim Argentina baru-baru ini mencapai final tahun 2014 tetapi pada kesempatan itu mereka menempati posisi terbaik kedua setelah Jerman.

"Saya tidak akan pernah melupakannya. Kami harus menderita tetapi kami pantas menang. Kami telah mengalahkan juara terakhir, itu adalah kegembiraan yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Saya bangga dilahirkan di Argentina dan hari ini kami berada di puncak dunia," kata bek Argentina Rodrigo De Paul.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi