FIFPRO Khawatirkan Seputar Kesehatan Pemain

FIFPRO Khawatirkan Seputar Kesehatan Pemain
Pemain bertahan Manchester United, Raphael Varane merayakan dengan trofi setelah memenangkan Piala Carabao (Action Images via Reuters/John Sibley)

Analisadaily.com, Inggris - Persatuan pemain sepak bola global FIFPRO mengatakan Piala Dunia tidak boleh lagi dipersingkat menjadi November-Desember, dan pensiunnya Raphael Varane harus menjadi alarm tentang jadwal olahraga yang menyesakkan.

FIFPRO merilis Tinjauan Pasca-Turnamen dan Survei Pemain Piala Dunia 2022 mereka pada hari Kamis (9/3), dan mengatakan hasil tersebut mengkonfirmasi ketakutan mereka seputar kelelahan mental dan fisik pemain serta risiko cedera.

Varane membantu Perancis mencapai Final Piala Dunia, kemudian mengumumkan pada 3 Februari bahwa dia mengakhiri karir internasionalnya karena jadwal yang "mencekik".

"Keputusan Varane harus benar-benar membuat penyelenggara kompetisi gugup, karena pada akhirnya para pemain yang berada di lapangan menciptakan permainan, mereka menciptakan produk yang dijual oleh semua orang, penggemar datang untuk melihat," kata Sekretaris Jenderal FIFPRO, Jonas Baer-Hoffmann selama panggilan konferensi video dilansir dari Reuters dan Channel News Asia.

"Dan jika mereka mengambil pilihan karir yang drastis itu, berdasarkan kesehatan fisik dan mental mereka, yang disebabkan oleh tekanan yang ada pada mereka, itulah yang telah kami peringatkan," ujarnya.

Varane hanya memiliki delapan hari antara Final Piala Dunia dan pertandingan pertamanya bersama klubnya Manchester United.

Enam puluh empat pemain Piala Dunia disurvei, dan kurangnya waktu persiapan dan pemulihan, serta peningkatan risiko kesehatan yang diakibatkannya adalah kesimpulan utamanya. Hanya 11 persen pemain yang disurvei memilih waktu Piala Dunia November/Desember.

Baer-Hoffman mengatakan pengulangan tahun 2022 tidak dapat diterima.

"Jika Anda ingin mengejar Piala Dunia musim dingin lagi, Anda perlu (liga) mengubah jadwal mereka sepenuhnya dan memberikan waktu latihan dan pemulihan yang tepat sebelum dan sesudah turnamen. Tidak tidak mungkin mereka akan setuju dengan itu," kata dia.

Delapan puluh enam persen pemain menginginkan setidaknya 14 hari waktu persiapan, 61 persen menginginkan 14 hingga 28 hari waktu pemulihan pasca Piala Dunia.

Jadwal padat berarti perputaran pra-Piala Dunia untuk banyak pemain yang berbasis di Eropa hanya enam atau tujuh hari. Beberapa pemain gagal pulih dari cedera yang mengganggu untuk bermain di Qatar.

"Yang sangat disayangkan (selama) puncak karir mereka," kata penasihat kebijakan FIFPRO, Michael Leahy.

Pemain Liga Premier mencatat menit Piala Dunia terbanyak, sementara Manchester City mencatat menit terbanyak dari tim mana pun, dan Barcelona memiliki pemain terbanyak (17) di turnamen.

Dampak waktu penghentian juga signifikan. Pemain berlari hampir 1,6 kilometer ekstra selama rata-rata 11,6 menit waktu tambahan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi