Semarak Imlek, Lampion Hiasi Vihara Khutcokong

Semarak Imlek, Lampion Hiasi Vihara Khutcokong
Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2574, Vihara Khutcokong yang berada di Kecamatan Sei Rampah memasang puluhan lampu lampion, Jumat (20/1) (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Sergai - Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan memasuki perayaan tahun baru Imlek 2574 yang jatuh pada 22 Januari 2023. Hal ini terlihat di Vihara Khutcokong yang berada di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Vihara tersebut kini sudah mulai bersolek dengan berbagai hiasan untuk menyambut hari suci umat Buddha tersebut, yang dilakukan mulai dari kegiatan bersih-bersih hingga pemasangan lampion berwarna merah yang tampak menghiasi Vihara berusia 140 tahun itu.

Kiat, seorang pengurus Vihara Khutcokong mengatakan, seperti biasa pihaknya melakukan sejumlah persiapan menjelang Imlek.

“Untuk memberikan rasa nyaman kepada jemaat, kami sudah mulai melakukan bersih-bersih dan pemasangan lampion,” kata Kiat, Jumat (20/1).

Tampak lampion bersinar dari berbagai sisi vihara. Mulai dari ukuran kecil hingga yang besar. Selain itu, pengurus vihara juga memasang lilin besar dan hiasan menyemarakkan Imek.

“Ada juga pemasangan lilin besar dan hiasan-hiasan lainnya untuk menyemarakkan Imlek seperti tahun-tahun sebelumnya,” sebut Kiat.

Sebagai vihara tertua yang ada di Sergai, Vihara Khutcokong memiliki ornamen yang beragam. Mulai dari patung Budha, naga dan patung macan. Adapun tema perayaan Imlek tahun ini adalah kelinci air.

Kiat berharap perayaan Imlek pada tahun ini dapat membawa kedamaian dan kemakmuran bagi masyarakat.

“Dengan tema kelinci air, semoga dapat mendatangkan kemakmuran dan kedamaian bagi seluruh umat manusia,”tutupnya.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi