Pemprov Sumut-Jabar Jalin Kerja Sama, Ridwan Kamil Sampaikan 3 Poin ke Edy Rahmayadi

Pemprov Sumut-Jabar Jalin Kerja Sama, Ridwan Kamil Sampaikan 3 Poin ke Edy Rahmayadi
Ridwan Kamil dan Edy Rahmayadi (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Kerja sama di bidang perbankan dijalin Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Pemprov Jawa Barat (Jabar), yaitu antara Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) dengan Bank Sumut.

Selain itu, Pemprov Sumut dan Jabar juga menjalin kerja sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi hingga membangun UMKM mandiri di pesantren yang ada di Sumut.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, ada perwakilan dari Sumut datang ke Jabar meminta untuk ada pembelajaran, terutama dalam pengembangan perbankan untuk Bank Sumut belajar ke Bank BJB.

Didampingi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Selasa (31/1) malam, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, juga mengatakan, ada 3 poin yang dibawanya.

Pertama, disampaikannya kepada Edy Rahmayadi, dalam 1 tahun bisa menghadirkan 1.000 bisnis di kalangan pesantren-pesantren di Provinsi Jabar. Dalam 5 tahun, ada hampir 5.000 pebisnis.

“Kita akan melakukan kerja sama itu, sehingga pesantren-pesantren di Sumut bisa belajar membangun kemandirian ekonomi,” ujarnya.

Kedua, sebut Kang Emil, pihaknya membawa Bank BJB dengan program unggulan untuk duafa,yaitu bisa meminjam uang atau kredit tanpa agunan, hingga tanpa bunga.

“Sistem perbankan seperti ini bisa dicontoh Bank Sumut, dan program ini bisa membantu duafa di Sumut,” ucapnya.

Ketiga, lanjut Kang Emil, sesuai dengan permintaan Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi, meminta Bank BJB untuk berbagi ilmu dalam perkembangan perbankan secara kompetitif. Seperti diketahui, Bank BJB terbaik kalau di daerah.

Bisnis Bank BJB tumbuh 20 persen, memberikan dividen atau keuntungan Rp 1 triliun ke pemerintah daerah dan pemegang saham. Artinya, bisnis Bank BJB dikelola dengan baik.

“Itu bisa dicontoh Bank Sumut yang merupakan milik Pemprov Sumut,” ujarnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memuji perkembangan Bank BJB di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

“Kondisi Bank BJB ini akan menjadikan pembelajaran untuk Sumut,” tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi