Thomas Bach Desak Ukraina Batalkan Ancam Boikot Olimpiade 2024

Thomas Bach Desak Ukraina Batalkan Ancam Boikot Olimpiade 2024
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, menghadiri pembukaan rapat Dewan Eksekutif di Olympic House di Lausanne, Swiss pada 5 Desember 2022. (Reuters/Denis Balibouse/Pool)

Analisadaily.com, Swiss - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, telah meminta Ukraina untuk membatalkan ancaman boikot Olimpiade 2024 atas partisipasi atlet Rusia dan Belarusia.

Ukraina berharap mendapatkan dukungan internasional yang luas untuk pelarangan atlet Rusia dan Belarusia setelah IOC membuka pintu bagi mereka untuk berkompetisi sebagai atlet netral di Paris.

Atlet dari Rusia dan negara tetangga Belarusia, yang membantu invasi Moskow ke Ukraina setahun lalu, telah dilarang mengikuti banyak kompetisi internasional sejak itu.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah mendesak IOC untuk melarang Rusia dari Olimpiade, dan badan Olimpiade serta anggota parlemen di wilayah Nordik dan Baltik telah mendukung Ukraina.

Dalam sepucuk surat kepada presiden Komite Olimpiade Nasional (NOC) Ukraina, Vadym Huttsait, yang dilihat Reuters, Bach mengatakan klaim mengizinkan atlet Rusia dan Belarusia kembali ke Olimpiade akan mendorong invasi adalah " fitnah".

IOC mengatakan boikot akan melanggar Piagam Olimpiade dan bahwa pencantuman Rusia dan Belarusia didasarkan pada resolusi PBB terhadap diskriminasi dalam gerakan Olimpiade.

"Keikutsertaan atlet netral dengan paspor Rusia atau Belarusia di Olimpiade Paris 2024 bahkan belum dibahas secara konkret," kata Bach dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Jumat (10/2).

"Oleh karena itu, surat Anda, kepada sesama NOC, Federasi Internasional, Anggota IOC, dan tuan rumah Olimpiade di masa depan, menekan mereka dalam upaya untuk memengaruhi pengambilan keputusan secara terbuka, telah dianggap oleh sebagian besar dari mereka sebagai, di paling tidak, sangat disesalkan. Adalah tanggung jawab setiap NOC untuk menegakkan prinsip-prinsip dasar Piagam Olimpiade," kata dia.

IOC bulan lalu mengumumkan bahwa atlet dari kedua negara mungkin diizinkan mendapatkan slot untuk Olimpiade melalui kualifikasi Asia dan berkompetisi sebagai netral, tanpa bendera atau lagu kebangsaan.

Dalam pernyataan bersama, atlet Ukraina mengatakan mereka tidak dapat menerima upaya IOC untuk "menyatukan seluruh dunia dalam kompetisi damai" dengan menyambut atlet Rusia dan Belarusia kembali ke Gerakan Olimpiade.

"Surat kepada Presiden Guttsait menyatakan bahwa 'atlet Ukraina dapat terus mengandalkan solidaritas penuh dari seluruh Gerakan Olimpiade.' Solidaritas apa yang ditawarkan IOC dengan keputusan ini?," kata para atlet.

Solidaritas adalah kesatuan dengan kepentingan bersama - tidak ada kepentingan di antara warga Ukraina untuk melihat penjahat perang menghadiri Olimpiade di bawah topeng bendera netral.

Mempersatukan dunia melalui kompetisi damai adalah pandangan utopis yang menyangkal peran olahraga dalam geopolitik dan mengabaikan cara olahraga secara rutin digunakan sebagai alat negara otoriter.

Mereka menambahkan IOC menghargai (Presiden Rusia Vladimir) agresi Putin dan bahwa badan Olimpiade harus memilih pihak dalam perang.

"IOC terus berada di sisi sejarah yang salah dan surat mereka adalah bukti lebih lanjut dari kekuatan yang dimiliki Rusia atas organisasi dan Gerakan Olimpiade," ujar mereka.

"Sponsor, kota tuan rumah, dan pemerintah nasional harus berhenti mentolerir penyerahan IOC ke Rusia. Waktu bagi IOC untuk dimintai pertanggungjawaban adalah sekarang," katanya.

Walikota Paris, Anne Hidalgo, mengatakan tidak terbayangkan untuk memiliki atlet Rusia berbaris sebagai delegasi sementara "bom masih menghujani Ukraina".

"Tidak ada rencana untuk delegasi Rusia atau Belarusia atau bendera negara-negara tersebut di Olimpiade Paris 2024," kata IOC dalam pernyataan terpisah, Kamis (9/2).

"Satu-satunya pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah individu, atlet netral," ujarnya.

Penyelenggara Paris 2024 mengatakan mereka akan mematuhi keputusan IOC tentang masalah tersebut.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi