Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia untuk Turki Tiba di Tanah Air

Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia untuk Turki Tiba di Tanah Air
Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia untuk Turki Tiba di Tanah Air (BNPB Indonesia)

Analisadaily.com, Jakarta - Sebanyak 50 anggota Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia (INASAR) dan rombongan delegasi kemanusiaan untuk Turkiye telah kembali ke Tanah Air.

Seluruh rombongan tersebut dibawa dari Bandara Adana Sakirpasa, Turki menggunakan pesawat Airbus A330-343 milik Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 7990 dan mendarat dengan mulus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (24/2) pukul 14.28 WIB.

Turut menyertai rombongan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan delegasi lainnya.

Pada upacara penyambutan tim INASAR dan rombongan delegasi lainnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa misi kemanusiaan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk percepatan penanganan bencana gempabumi Turki M 7.8 telah dilaksanakan dengan baik. Ke depannya, Pemerintah Indonesia akan melaksanakan segala hal yang dianggap perlu untuk memberikan dukungan kepada Turki.

"Misi kemanusiaan dari Indonesia untuk tahap keempat telah dilaksanakan dengan baik. Hari ini saya menyertai rombongan, untuk sebagian telah kembali ke Indonesia. Dan akan segera kita tindak lanjuti hal-hal yang sudah kita dapat selama saya bersama Kepala BNPB dan seluruh tim," jelas Muhadjir, dalam keterangan diperoleh Sabtu (25/2).

"Intinya kita akan tetap memberikan dukungan untuk rakyat Turki semaksimal mungkin," imbuhnya.

Menurut Kepala BNPB, penarikan kembali 50 anggota tim INASAR dilakukan setelah Pemerintah Turkiye memutuskan untuk memberhentikan seluruh operasi pencarian, pertolongan dan evakuasi.

Sebelumnya, tim INASAR telah diterbangkan ke Turki pada tanggal 12 Februari 2023, atau setelah kurang dari sepekan wilayah Turkiye diguncang gempabumi dahsyat, yang hingga kini telah menewaskan lebih dari 50 ribu jiwa.

Dalam operasi selama kurang lebih 12 hari di kawasan Antakya, Provinsi Hatay, Tim INASAR telah berhasil mengevakuasi 15 jenazah korban gempabumi Turki, yang mana dua di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditemukan di Diyarbakir.

"Karena memang Pemerintah Turkiye sudah menghentikan proses pencarian, pertolongan dan evakuasi," ujar Suharyanto.

Kendati tim pencarian, pertolongan dan evakuasi INASAR telah kembali ke Tanah Air, namun dukungan untuk Turki masih berlanjut. Suharyanto menambahkan, sesuai permintaan Pemerintah Turkiye, tim kesehatan dan satu pesawat Hercules milik TNI AU tetap disiagakan di sana hingga akhir Februari 2023.

"Sekarang tim Indonesia yang masih tinggal di Turkiye adalah tim kesehatan, sejumlah 119 orang ditambah satu pesawat Hercules TNI AU, yang memang masih diminta untuk terus melaksanakan tugas oleh Pemerintah Turkiye sampai tanggal 28 Februari 2023," jelas Suharyanto.

Lebih lanjut, Suharyanto juga menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan bantuan Pemerintah Indonesia untuk Turkiye akan kembali diberikan sesuai permintaan dari otoritas setempat. Suharyanto memastikan bahwa Pemerintah Indonesia selalu siap untuk memberikan dukungan kemanusiaan kepada Turki.

"Apakah ada permintaan lanjutan? Nanti kita akan informasikan. Kemudian untuk hercules sementara akan melaksanakan tugas hingga 2 Maret 2023," tutup Suharyanto.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi