Petugas Rutan Geledah Kamar Hunian Warga Binaan

Petugas Rutan Geledah Kamar Hunian Warga Binaan
Petugas Rutan Tarutung bersama TNI dan Polri saat melakukan penggeledahan blok dan kamar hunian warga binaan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Tarutung bekerjasama personil TNI dan Polri melakukan pengggeledahan blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) kelas II B Tarutung, Ismet Sitorus, menegaskan penggeledahan ini dilakukan dalam rangka giat bersih-bersih memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke-59 tahun 2023.

"Bersih-bersih dilakukan sebagai bentuk kegiatan untuk menjaga situasi dan kondisi Rutan dalam keadaan aman dan tertib," kata dia, Sabtu (18/3).

Menurutnya, penggeledahan blok dan kamar hunian ini dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Badan dan kamar hunian WBP diperiksa dengan tetap mengedepankan etika, bertindak dan bersikap humanis," ucapnya.

Pada saat penggeledahan tidak ada ditemukan handphone maupun Narkoba. Namun petugas berhasil mengamankan sejumlah barang yang dilarang berada di dalam blok hunian, seperti mancis, gunting kuku, cukur silet, kartu poker, gelas kaca, dan sejumlah benda dari besi lainnya.

Dia mengatakan, barang-barang hasil penggeledahan ini selanjutnya akan dicatat untuk di musnahkan.

"Penemuan ini akan menjadi evaluasi guna mengambil langkah dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan Rutan Tarutung," tandasnya.

Ismet mengapresiasi dan berterima kasih kepada personil TNI dan Polri yang turut membantu petugas melakukan penggeledahan.

"Terima kasih kepada TNI dan Polri, semoga kedepannya sinergitas kita tetap terjaga dan terus ditingkatkan," imbuhnya.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi