Ma'ruf Amin: Puasa Supaya Kita Jadi Orang yang Bertaqwa

Ma'ruf Amin: Puasa Supaya Kita Jadi Orang yang Bertaqwa
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, saat mengisi taushiyah usai salat Isya berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu (29/3). (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, mengatakan berpuasa menjadi salah satu amal yang dapat membentuk ketaqwaan terhadap seorang muslim. Berdasarkan firman Allah, orang bertaqwa adalah yang meninggalkan larangan Allah dan menjalankan perintah Allah.

"Puasa supaya kita menjadi orang yang bertaqwa, artinya kalau setelah puasa kita tidak menjadi orang yang bertaqwa maka puasa kita belum betul," kata Ma'ruf saat mengisi taushiyah usai salat Isya berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu (29/3).

Kata dia, puasa menjadi wadah untuk membentuk seseorang bertaqwa. Oleh sebab itu, amal ibadah tersebut diperintahkan setiap tahun. Bahkan di luar Ramadan, puasa disunatkan setiap hari Senin dan Kamis serta berbagai puasa sunat lainnya. Orang yang bertaqwa berjalan sesuai dengan tuntutan Allah. Baik dalam akidah, ibadah, maupun muamalah, semuanya berdasarkan syariat Allah.

"Syariat membawa kemaslahatan dan kebaikan dalam kehidupan masyarakat, pondasinya dibangun di atas hikmah dan kemaslahatan manusia. Syariat membawa keadilan dan rahmat di atas muka bumi," kata mantan Ketua MUI itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, muslim yang kaffah tidak hanya menjalankan perintah Allah, tapi juga patuh serta tidak bertentangan dengan komitmen kebangsaan yang dibangun oleh pendiri bangsa.

"Mari kita berjanji dalam puasa ini menjalankan semua yang diperintahkan Allah dan tidak mengerjakan yang dilarang. Hal itu harus kita kerjakan sepanjang waktu, tahun dan di semua masa dan tempat, supaya saat kembali pada Allah diberikan kehidupan yang baik, itu janji Allah," tambahnya.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi