Didampingi Erick Thohir, Jokowi Temui Pemain Timnas U-20 di Stadion GBK

Didampingi Erick Thohir, Jokowi Temui Pemain Timnas U-20 di Stadion GBK
Presiden RI Joko Widodo berfoto bersama pelatih dan para pemain Timnas Indonesia U-20 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (1/4/2023) (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Analisadaily.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui para pemain Tim Nasional Indonesia U-20 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (1/4) sore.

Dilansir dari Antara, Jokowi yang mengenakan jaket olahraga berwarna merah putih tiba di kawasan Stadion GBK sekitar pukul 15.30 WIB didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum I PSSI Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Presiden Jokowi kemudian memasuki arena lapangan sepak bola Stadion GBK. Sebelum menginjak rumput lapangan, Jokowi sempat berbincang dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

Kepala Negara kemudian menyalami satu per satu pemain Timnas U-20 dan selanjutnya memberikan arahan sembari dikelilingi para pemain.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, setelah diterima Presiden Jokowi pada Jumat (31/3), mengatakan Timnas Indonesia U-20 akan bertemu Presiden Jokowi setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023.

Dengan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah, Tim Garuda juga tidak bisa ikut serta dalam Piala Dunia U-20 pada tahun ini.

"Disampaikan tadi Presiden juga akan mengundang Timnas U-20 dalam satu atau dua hari ini. Tentu mekanisme dari Istana yang akan melakukan itu," kata Erick di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (31/3).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional, FIFA, memutuskan mencoret Indonesia dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023 pada Rabu (29/3) malam.

FIFA menyebut "kondisi terkini" di Indonesia sebagai alasan keputusan pencoretan itu, yang diambil selepas pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Sebelum FIFA mengambil keputusan itu, di Tanah Air muncul gelombang penolakan dari beberapa kepala daerah terhadap kedatangan Timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20 Tahun 2023.

Pencabutan status tuan rumah praktis membuat Indonesia tak berhak tampil di Piala Dunia U-20 Tahun 2023 karena gagal memperoleh tiket via jalur kualifikasi reguler setelah tak mampu mencapai empat besar Piala Asia U-20 Tahun 2023.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi