Pelaksanaan Mudik Secara Umum Berjalan Baik

Pelaksanaan Mudik Secara Umum Berjalan Baik
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di sela peninjauan Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Banten, pada Rabu (19/4/2023) (ANTARA/Adimas Raditya)

Analisadaily.com, Merak - Pelaksanaan kegiatan mudik Lebaran 2023 secara umum berjalan baik dan lancar, berkat kerja sama seluruh pemangku kepentingan.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dilansir dari Antara, Rabu (19/4).

“Keseluruhan saya sudah melihat secara sampling sudah sangat baik,” kata Muhadjir saat meninjau Pelabuhan Merak, Banten.

Muhadjir mengatakan, selama beberapa hari terakhir telah melakukan peninjauan secara langsung pelayanan mudik di sejumlah lokasi seperti Tol Trans Jawa sampai dengan wilayah Kalikangkung di Semarang, Pelabuhan Ciwandan, hingga Pelabuhan Merak.

Selain itu, beberapa Menteri bersama Kapolri maupun jajarannya juga melakukan peninjauan yang sama di sejumlah terminal bus, stasiun, hingga bandara untuk memastikan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 berjalan lancar, aman, dan selamat.

Muhadjir menyampaikan terima kasih kepada Kementerian/Lembaga dan perusahaan-perusahaan BUMN ataupun swasta yang telah menyediakan mudik gratis.

“Utamanya untuk mengurangi jumlah pemudik bersepeda motor, karena angka kecelakaan tertinggi adalah pemudik sepeda motor yang diduga disebabkan kelelahan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada para pemudik agar memerhatikan faktor kesehatan ketika melakukan perjalanan.

Masyarakat juga diminta untuk berhati-hati dalam memilih kendaraan bus, terutama yang akan digunakan ke tujuan wisata agar armada yang digunakan dalam kondisi yang layak serta memenuhi aspek keamanan.

“Ingat bahwa yang pertama selamat dulu, baru yang lain. Jangan sampai sudah berangan-angan bergembira ketemu sanak saudara di kampung, tetapi faktor keselamatan tidak pernah dihitung,” katanya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik akan lebih banyak di tahun 2023.

Dari 80 juta pemudik pada 2022, naik 44 persen menjadi 123 juta pemudik di Lebaran tahun ini. Peningkatan jumlah pemudik tahun ini akan terjadi pada berbagai moda transportasi.

Tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi diprediksi mencapai 27,32 juta pemudik.

Sedangkan untuk sepeda motor 25,13 juta, kereta api 14,47 juta, penyeberangan kapal 6,6 juta, bus 22,7 juta dan pesawat terbang mencapai 6,19 juta pemudik.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi