Antisipasi Kejahatan Selama Lebaran, Pemprov Sumut Perketat Keamanan 

Antisipasi Kejahatan Selama Lebaran, Pemprov Sumut Perketat Keamanan 
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

Analisadaily.com, Medan - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) bersama TNI-Polri memperketat keamanan kota guna mengantisipasi tindakan kejahatan selama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, pihaknya bersama pemangku kebijakan terkait sudah melakukan rapat koordinasi menjamin keamanan rumah-rumah para pemudik yang ditinggalkan tetap aman.

"Kami sudah koordinasi kemarin, dipimpin Ketua DPRD. Kami rapat forkompimda, Kapolda, Pangdam, untuk memfasilitasi mengamankan rumah-rumah rakyat yang ditinggalkan," kata Edy Rahmayadi, dilansir dari Antara, Kamis (20/4).

Mantan Pangdam I Bukit Barisan juga menuturkan untuk menekan angka kejahatan di Sumut, forkopimda akan melakukan patroli rutin, untuk memastikan rasa aman dan nyaman di wilayahitu saat Lebaran.

"Forkopimda akan melakukan patroli rutin, untuk menekan angka kejahatan menjelang Lebaran, termasuk di malam takbiran, polisi, Satpol PP, dibantu AL, AD diperbanyak, makanya begal jangan macam-macam. Kalian banyak, kami lebih banyak," ucapnya.

Operasi pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijirah di Sumut akan melibatkan sebanyak 13.900 personel gabungan, terdiri dari, TNI, Polri, Pemerintah Provinsi Sumut dan pemerintah kabupaten/kota.

"Ada 13.900 personel yang kita turunkan yang melibatkan TNI, Polri, Pemprov dan Pemkab. Itupun masih bisa ditambahkan dengan pasukan cadangan," ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak

Panca menjelaskan tim gabungan sudah menyiapkan 209 pos yang terdiri 110 pos pengamanan (pospam), 71 pos pelayanan (posyan) dan 28 pos terpadu. Segala fasilitas diberikan kepada masyarakat yang akan menjalani mudik itu.

"Manfaatkan pos-pos yang telah didirikan baik itu di jalur jalan, di terminal, di pusat-pusat perbelanjaan dan tempat keramaian lainnya termasuk di bandara dan pelabuhan," Panca menandaskan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi