Gempa Magnitudo 4,7 Getarkan Aceh Jaya

Gempa Magnitudo 4,7 Getarkan Aceh Jaya
Gempa Magnitudo 4,7 Getarkan Aceh Jaya (BMKG)

Analisadaily.com, Aceh - Wilayah Aceh Jaya dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (26/4) pukul 09.56 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.77 LU dan 95.56 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km Barat Laut Calang-Aceh Jaya pada kedalaman 61 km.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah.

“Terjadi akibat aktivitas subduksi di pantai barat Sumatera,” terangnya.

Guncangan gempabumi ini dirasakan II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang) di daerah Aceh Jaya, Aceh Besar, Banda Aceh, dan Nagan Raya. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga pukul 10:25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan aftershock.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi