Kirab Hari Keempat, KPU Harapkan Peran Aktif Masyarakat Medan Tuntungan

Kirab Hari Keempat, KPU Harapkan Peran Aktif Masyarakat Medan Tuntungan
KPU Kota Medan saat melaksanakan Kirab Pemilu di Kecamatan Medan Tuntungan (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melaksanakan Kirab Pemilu hari keempat di Kecamatan Medan Tuntungan, Sabtu (29/2/2023). Pada Kirab Pemilu 2024 ini, tempat yang didatangi KPU yakni Pajak (Pasar) Melati yang ada di kecamatan tersebut.

"Hari ini merupakan hari keempat kita laksanakan Kirab Pemilu 2024. Dan hari ini fokus kita di Kecamatan Medan Tuntungan. Pajak Melati ini salah satu tempat yang kita sasar," ujar Komisioner KPU Kota Medan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Edy Suhartono kepada wartawan.

Ia mengatakan sebelumnya mereka berangkat dari Medan Johor. Singgah di kantor camat dan langsung ke Pajak Melati untuk membagi-bagikan brosur, stiker dan pin terkait informasi Pemilu 2024.

"Melalui Kirab ini kita berharap masyarakat Kota Medan mendapatkan informasi Pemilu 2024 yang sebentar lagi kita laksanakan tepatnya 14 Februari 2024. Kita berharap masyarakat terinformasi mengenai tahapan-tahapan pemilunya, termasuk mengecek dirinya sudah tedaftar di Pemilu 2024 atau belum," harap Edy.

Ia juga melanjutkan bahwa KPU Kota Medan melaksanakan Kirab Pemilu 2024 road show di 21 Kecamatan di Kota Medan. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung turun ke jalan yang ada di 21 Kecamatan se-Kota Medan.

Kirab Pemilu 2024 KPU Kota Medan ini juga membawa 18 Bendera Partai Politik dengan pengeras suara dan lagu Jingle Pemilu 2024.

"Kita di sini juga ingin menekankan partisipasi aktif dari masyarakat dalam Pemilihan Umum 2024," ucapnya.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat mendukung penyelenggaraan pemilu dengan melawan hoax, hate speech, dan polarisasi. Sebab, pelaksanaan pemilu tidak semata soal kontestasi namun menjadi penentu Indonesia di masa mendatang. Hal itu sesuai dengan tema Kirab Pemilu 2024 yaitu Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa.

Deltawati Ginting, Ketua Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Medan Tuntungan mengatakan, ini adalah bentuk dukungan PPK Medan Tuntungan beserta PPS kepada KPU Kota Medan, dalam menyosialisasikan kepada masyarakat, bahwa tahapan pemilu sudah dimulai, dan puncaknya di tanggal 14 Februari 2024 yang akan dilaksanakan pesta rakyat yaitu pesta demokrasi.

"Jadi kita mengelilingi Kecamatan Medan Tuntungan, dan diikuti juga oleh seluruh Anggota PPK – PPS se-Kecamatan Medan Tuntungan," kata Deltawati Ginting.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi