Chelsea Bisa Belajar dari Pembangunan Kembali Arsenal

Chelsea Bisa Belajar dari Pembangunan Kembali Arsenal
Pelatih Chelsea, Frank Lampard terlihat sedih setelah pertandingan melawan Real Madrid pada 18 April 2023 (Action Images via Reuters/Matthew Childs)

Analisadaily.com, London - Keberhasilan Arsenal baru-baru ini di Liga Premier Inggris dapat memberikan cetak biru bagi upaya Chelsea untuk membangun kembali setelah musim yang mengecewakan.

Kekalahan 2-0 Chelsea oleh Brentford pekan lalu membuat mereka berada di urutan ke-12 klasemen sementara, tersandung menuju kemungkinan kampanye terburuk mereka sejak musim 1993-94, ketika mereka finis di urutan ke-14 di bawah Glenn Hoddle, meskipun pengeluaran besar pemilik klub baru mereka.

Pada hari Selasa, Chelsea menghadapi tim Arsenal yang finis di luar empat besar selama enam musim berturut-turut antara 2016 dan 2022, tetapi saat ini terkunci dalam perburuan gelar yang intens setelah peningkatan signifikan di bawah manajer Mikel Arteta.

"Ada proses panjang untuk mencapai tempat yang Anda inginkan. Saya ingat menghadapi Mikel pada tahap awal itu," kata Lampard menjelang perjalanan ke Stadion Emirates.

"Terkadang mereka bermain lima di belakang, terkadang empat; sekarang mereka memiliki identitas yang jelas. Ada banyak pekerjaan yang dilakukan tim, Mikel, penyelarasan dan perekrutan yang baik. Apakah kita memiliki kemungkinan untuk melakukan itu? Ya. Apakah itu akan terjadi? ambil waktu dan keputusan yang baik Tentu saja, ya Tapi Anda bisa sampai di sana," sambungnya.

"Manajer dipertanyakan, para pemain dan pemilik dan proses itu bisa memakan waktu dua atau tiga tahun. Mereka adalah contoh bagus dari yang dilakukan dengan baik," kata dia.

Lampard mengakui bahwa para pemain Chelsea "kurang percaya diri" karena performa buruk mereka, tetapi menantang timnya untuk melawan rasa kurang percaya diri mereka dengan kerja keras.

"Anda hanya bisa bekerja untuk mendapatkan level performa untuk mengembalikan kepercayaan diri. Saya berada di sini pada saat-saat di mana kepercayaan diri rendah karena tidak ada yang suka kalah. Saya mengalami saat-saat sebagai pemain di mana kami menurunkan standar kami sebagai kolektif dan kami harus mengangkatnya," ujarnya.

"Melihat melalui sejarah, kami berhasil mendapatkannya kembali melalui kerja keras. Kami hanya dapat mempertimbangkan masa depan dan bekerja sangat keras untuk membawa skuat ke tempat yang kami inginkan," tambah Lampard.

Lampard menambahkan bahwa bek Kalidou Koulibaly bisa "menepi untuk sementara waktu" setelah mengalami cedera hamstring saat melawan Real Madrid di Liga Champions.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi