Pengabdian Kepada Masyarakat STT HKBP di HKBP Ressort Besitang: Urgensi Gereja Memelihara Semangat Kebangsaan

Pengabdian Kepada Masyarakat STT HKBP di HKBP Ressort Besitang: Urgensi Gereja Memelihara Semangat Kebangsaan
Penanaman bibit pohon dari STT HKBP di kompleks HKBP Ressort Besitang yang secara simbolis diserahkan oleh Dosen pendamping PKM kepada Pendeta Ressort HKBP Besitang. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Besitang - Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan yang menjalin relasi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wadah tempat para alumni perguruan tinggi mengabdikan ilmunya. STT HKBP secara berkala menyelenggarakan PKM pada setiap semester sebagai sarana menghimpun informasi terkait realitas sosial dalam rangka peningkatan mutu lulusannya.

Seperti PKM STT HKBP di HKBP Ressort Besitang yang berlangsung 28-30 April 2023.

Didampingi dosen STT HKBP, Pdt. Julius Simaremare, M.Th, gereja ini dipimpin oleh Pendeta Ressort, Pdt. Richi Malau, S.Th., yang menjelaskan bahwa gereja ini memiliki keunikan khusus, yaitu berada di wilayah perbatasan antara provinsi Sumatera Utara dengan Nangroe Aceh Darussalam.

"Wilayah yang kental dengan nuansa keberagaman yang berwawasan kebangsaan. Dengan demikian, gereja memiliki urgensi untuk hadir bersama lembaga-lembaga keagamaan sekitar untuk bersama-sama berperan perekat dan pemelihara wawasan kebangsaan," ujar Pdt. Richi Malau, S.Th.

Dosen dan mahasiswa STT HKBP diabadikan bersama saat PKM di HKBP Ressort Besitang.
Kegiatan PKM itu sendiri diisi dengan rangkaian kegiatan seperti penanaman pohon di lokasi gereja, Sabtu Ceria untuk anak-anak Sekolah Minggu, Penelaahan Alkitab dan malam keakraban dengan remaja dan pemuda, seminar kaum bapak dan ibu, dan Evangelisasi Koor oleh mahasiswa/i STT HKBP yang berjumlah 23 orang.

Mahasiswa para peserta PKM, diwakili pengurus PKM, Welfried B. Silaen sangat terkesan dengan keterbukaan dan suasana kekeluargaan yang ditunjukkan oleh seluruh anggota maupun majelis jemaat di gereja yang sudah berdiri lebih dari 53 tahun ini.

Dosen pendamping PKM, Pdt. Julius Simaremare, M.Th mengapresiasi keterbukaan HKBP Ressrot Besitang dalam kegiatan PKM ini.

Ia juga berharap bahwa di masa depan, STT HKBP akan memiliki Pusat Kajian Teologi Praktika dan Penatalayanan Gerejani. Hasil kegiatan PKM di HKBP Resort Besitang maupun gereja lainnya yang selama ini sudah terhimpun, diharapkan akan menjadi sumber data dan informasi lapangan untuk diteliti lebih lanjut di STT HKBP.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi