Mendadak, Lapas Labuhan Ruku Tes Urine Warga Binaan

Mendadak, Lapas Labuhan Ruku Tes Urine Warga Binaan
Mendadak, Lapas Labuhan Ruku Tes Urine Warga Binaan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batubara - Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku menjalani tes urin secara mendadak, Selasa (23/5).

Kegiatan ini dipantau langsung Kalapas Labuhan Ruku, EP Prayer Manik, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Akmalun Ikhsan, Kasi Binadik, Jimri Nababan, Kasi Adm Kamtib, Haris Damanik, beserta Jajaran Petugas Lapas Labuhan Ruku.

Prayer Manik menerangkan, kegiatan ini berpedoman pada arahan Dirjen PAS tentang langkah-langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba serta instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana aksi Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dan Permenkumham No 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

Di samping itu juga implementasi Kunci Pemasyarakatan Maju sesuai program dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

“Kegiatan ini merupakan wujud Lapas Labuhan Ruku dalam pemberantasan Narkoba. P4GN merupakan hal yang digaungkan oleh Bapak Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju. Dan kami Lapas Labuhan Ruku harus melaksanakan hal yang telah menjadi ketentuan,” terang Kalapas.

Dari kegiatan tes urine, WBP Lapas Kelas II A Labuhan Ruku dinyatakan negatif. “Giat ini dilakukan sebagai salah satu cara dalam memberantas narkoba dan memutus rantai jaringan narkotika yang mungkin saja melibatkan WBP,” sebut Kalapas.

Lapas Labuhan Ruku akan terus berupaya mencegah dan memberantas narkotika. Hal ini sebagai komitmen untuk mewujudkan Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba) serta pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba.

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Harus Damanaik menambahkan, kegiatan dalam rangka P4GN serta tindak lanjut atas perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang Permintaan Laporan tes urine WBP setiap satu minggu sekali.

“Tes urine ini telah dilaksanakan secara periodik seminggu sekali dengan dadakan dan acak terhadap WBP,” tandasnya.

(AP/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi