Tips Sewa Mobil untuk Pergi Berwisata

Tips Sewa Mobil untuk Pergi Berwisata
Ilustrasi (Pixabay)

Transportasi lokal selama berwisata sangat penting untuk mobilitas mengunjungi berbagai destinasi. Bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan umum, bisa menyewa mobil sebagai sarana transportasi. Dengan berkembangnya destinasi wisata di suatu lokasi, semakin banyak rental yang menawarkan jasa. Agar tidak kecewa, Anda perlu mengetahui tips sewa mobil yang recommended.

Tidak sedikit wisatawan yang kecewa dengan pelayanan rental yang dipilih karena tidak memberikan pelayanan seperti harapan. Agar terhindar dari hal tersebut, harus selektif dalam memilih jasa persewaan. Dengan demikian Anda dan rombongan bisa berwisata dengan lebih menyenangkan.

6 Tips Sewa Mobil untuk Keperluan Wisata

Meski di lokasi wisata banyak tersedia kendaraan umum yang bisa digunakan namun kurang fleksibel. Anda dan rombongan bisa jadi harus membuang waktu untuk menunggu jadwal keberangkatan transportasi tersebut sehingga perjalanan wisata menjadi kurang efektif. Jadwal wisata yang sudah disusun pun bisa berantakan.

Dengan menyewa kendaraan, meski perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar, namun Anda dan rombongan dapat lebih leluasa mengatur waktu untuk berwisata. Anda juga bisa berhemat jika membayar biaya sewa dengan cara sharing bersama teman. Tips berikut bisa membantu Anda mendapatkan mobil sewa untuk keperluan wisata:

1. Bandingkan harga

Tidak sedikit pemilik rental yang menawarkan harga tinggi pada wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah karena dianggap belum mengetahui pasaran sewa kendaraan di wilayah tersebut. Untuk menghindari biaya yang lebih tinggi dari standar, lakukan perbandingan harga terlebih dulu dari beberapa rental dan mempertimbangkan jenis kendaraan yang akan disewa.

Anda bisa mengecek di situs sewa atau menanyakan kepada kenalan yang pernah menyewa kendaraan di daerah tersebut. Selain harga, ketika membandingkan biaya, perhatikan juga fasilitas yang disediakan oleh pemilik rental. Bisa jadi harga lebih rendah karena hanya menyediakan fasilitas yang minim.

2. Pilih rental terpercaya

Memilih rental yang terpercaya bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan atau pelayanan yang tidak sesuai dengan standar. Rental terpercaya tidak akan memberikan pelayanan yang asal-asalan karena berkaitan dengan kepercayaan dari pelanggan dan keberlangsungan usaha.

Meski sedikit lebih mahal, tidak masalah memilih rental yang berpengalaman dan terpercaya. Pelayanan yang diberikan selama menyewa kendaraan bisa membuat Anda dan rombongan nyaman dan tenang ketika berwisata.

3. Pastikan fasilitas dari rental

Rental mobil untuk wisata maupun keperluan lain menyediakan fasilitas dan sistem pembayaran yang berbeda-beda. Ada yang all in, dimana penyewa tinggal duduk dan akan diantar sampai tujuan tanpa harus mengeluarkan uang selama dalam perjalanan. Semua pembayaran sudah masuk dalam biaya sewa.

Namun ada juga yang hanya menyediakan mobil saja. Sementara untuk pembelian bensin, membayar driver, parkir hingga pengeluaran lain di jalan menjadi tanggungan penyewa. Anda perlu mengkalkulasi, dari dua sistem sewa ini mana yang paling menguntungkan.

4. Pastikan ketentuan yang berlaku

Setiap rental mempunyai ketentuan yang berbeda dan ini perlu dipastikan oleh penyewa. Ada yang setiap transaksi secara otomatis penyewa dan rombongan akan mendapat perlindungan asuransi, ada yang tidak. Begitu juga jika terjadi musibah selama perjalanan, seperti kendaraan baret atau ada kerusakan, pastikan siapa yang akan menanggung dan bagaimana perhitungannya.

Agar tidak ada selisih paham, sebelum menandatangani kontrak sewa, pastikan membaca semua ketentuan dan memahaminya. Jika Anda merasa ketentuan tersebut memberatkan sebaiknya urungkan untuk menyewa dan mencari alternatif rental lainnya.

5. Cek kondisi mobil

Mengecek kondisi kendaraan yang akan disewa sangat penting. Selain kondisi mesin yang harus prima, semua perlengkapan perjalanan dari kendaraan seperti sen, fiber, airbag harus berfungsi dengan normal. Hal yang juga tidak kalah penting adalah memastikan kondisi bodi kendaraan.

Jangan sampai merasa rugi karena rental mengajukan klaim kerusakan sedang Anda merasa tidak terjadi masalah selama perjalanan. Caranya dengan memfoto semua bagian bodi kendaraan ketika serah terima kunci sewaktu menyewa.

6. Sesuaikan jenis kendaraan dengan kebutuhan

Selanjutnya Anda perlu mengetahui medan yang akan ditempuh untuk bisa menentukan jenis kendaraan yang sesuai. Jika Anda berwisata di lokasi dengan medan berat, sebaiknya memilih mobil berbodi tinggi. Namun jika berwisata di dalam kota, semua jenis kendaraan bisa digunakan.

Harga sewa kendaraan berbeda-beda tergantung jenisnya. Untuk kenyamanan selama perjalanan wisata, tidak ada salahnya Anda memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, seperti jenis, ukuran dan bodi yang sesuai medan. Untuk mendapatkan mobil terbaik, Anda dapat menyewa di Traveloka.

Traveloka yang merupakan marketplace yang menyediakan berbagai keperluan wisata dengan harga terjangkau, termasuk rental mobil terbaik sesuai kebutuhan. Tersedia berbagai jenis mobil untuk keperluan wisata dengan fasilitas lengkap dan aman.

Traveloka melayani di berbagai kota di Indonesia yang memudahkan bagi Anda untuk mendapatkan kendaraan ketika berwisata. Dengan sewa mobil di Traveloka perjalanan wisata Anda bersama rombongan akan lebih menyenangkan.

Baca Juga

Rekomendasi