Ribuan Umat Buddha Ikuti Detik-detik Waisak di Candi Bahal Portibi

Ribuan Umat Buddha Ikuti Detik-detik Waisak di Candi Bahal Portibi
Ribuan Umat Buddha Ikuti Detik-detik Waisak di Candi Bahal Portibi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Portibi - Ribuan umat Buddha mengikuti detik-detik Waisak 2567 BE/2023 di halaman Candi Bahal Portibi Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Minggu (4/6).

Perayaan Trisuci Waisak di Candi Bahal Portibi tahun ini meriah dan sukses, dihadiri Bikkhu Sangha dan Umat Buddha. Selain etnis Tionghoa, pemeluk agama Buddha yang hadir juga saat acara berasal dari etnis Karo, Tamil, Batak, Jawa, Bali, dan juga Dayak yang datang dari berbagai daerah.

Ketua Panitia Febrius SW dalam laporannya mengatakan, kegiatan terselenggaranya atas inisiatif dari Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Sumatera Utara (Sumut) didukung Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Sumut, dan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sumut.

“Kami apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara di Kompleks Candi Bahal Portibi,” ucapnya.

Dalam perayaan tersebut, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Bupati Paluta, Andar Amin Harahap, hadir.

Edy Rahmayadi mengucapkan selamat merayakan Trisuci Waisak 2567 Buddhis Era yang dilaksanakan di Candi Bahal Portibi.

Hal senada juga disampaikan Andar Amin Harahap. "Terima kasih telah memberikan kepercayaan ataupun amanah untuk melaksanakan Perayaan Trisuci Waisak di Kabupaten Paluta. Hal ini telah menunjukkan bahwa masyarakat sangat toleransi dan menerima kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan," ucapnya.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi