Gubsu Lepas 175 Lulusan Inkes Deli Husada-Medistra ke Jepang, Jerman, dan Arab Saudi

Gubsu Lepas 175 Lulusan Inkes Deli Husada-Medistra ke Jepang, Jerman, dan Arab Saudi
Gubsu Lepas 175 Lulusan Inkes Deli Husada dan Medistra ke Jepang, Jerman, Arab Saudi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melepas sekaligus menepungtawari 175 lulusan Institut Kesehatan (Inkes) Deli Husada dan Medistra ke Jepang, Jerman dan Arab Saudi dalam upacara pelepasan di Medistra, Lubukpakam.

Acara pelepasan yang sudah 16 kali dilakukan ke Arab Saudi, Jerman dan Jepang dihadiri Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Takonai Susumu, Kepala L2DIKTI Sumut, Prof Saiful Anwar Matondang, Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, Kepala UPT BP3MI Medan, Harold Hamonangan, Rektor Deli Husada/Ketua Yayasan Medistra, Johannes Sembiring, Rektor Medistra Ns Rahmad Gurusinga, beserta Jajaran pimpinan lainnya.

Johannes Sembiring dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah lulus atas kerja kerasnya. Sehingga jumlah lulusan yang bekerja di Luar Negeri bertambah menjadi 818 orang (Jepang: 733 orang, Arab Saudi: 66 orang, Jerman : 19 orang, Kwait: 4 orang, Cina, Singapura, Australia, Thailand, Belanda dan Malaysia masing-masing 1 orang).

Johannes Sembiring juga menyampaikan terima kasih kepada Konjen Jepang untuk program G to G yang merupakan wadah bagi lulusan bekerja di Jepang dan mendatangkan devisa bagi negara RI.

“Fasilitas yang diterima berupa akomodasi, transportasi, uang saku $10/hari dan visa serta tiket ke Jepang,” katanya, Jumat (9/6).

Lebih lanjut dijelaskan Kedua Institut ini sedang melaksanakan pendaftaran mahasiswa baru T.A 2023/2024. Ia bersyukur pada Maret 2023 Medistra telah diberikan izin untuk mengelola Fakultas Kedokteran yang merupakan FK pertama di Indonesia pada tahun 2023 ini.

"Semoga Deli Husada juga segera menyusul menerima SK Fakultas Kedokteran," harap Johanes.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Gubernur Sumut yang telah hadir memberikan doa, setawar sedingin kepada lulusan yang akan bertolak ke Jepang pada tanggal 20-23 Juni.

Ucapan yang sama disampaikan juga oleh Kepala L2Dikti Wilayah I dimana dari 221 PT, Deli Husada dan Medistra adalah PT yang sangat tepat untuk kuliah di bidang kesehatan karena kedua Institut ini bertanggung jawab mendidik mahasiswa agar lulus tepat waktu dan memfasilitasi untuk bekerja di luar negeri.

Gubsu dalam sambutannya menyatakan salut kepada Deli Husada/Medistra karena telah berhasil mendidik mahasiswa yang diakui dan dipercaya oleh negara luar. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan memiliki kemampuan dan kompetensi untuk bekerja di luar negeri yang dapat memberikan sumbangsih keilmuannya kepada negara RI.

Dalam sambutannya Konsulat Jenderal Jepang mengatakan bahwa saat ini dari ratusan perawat Indonesia yang lulus seleksi ke Jepang, 50 % di antaranya berasal dari Deli Husada/Medistra dan penyumbang terbesar di Sumatera Utara.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi