Tanjungmorawa Juara Umum FSQ Ke-45 Deliserdang

Tanjungmorawa Juara Umum FSQ Ke-45 Deliserdang
Wabup HMA Yusuf Siregar menyerahkan tropi Juara Umum FSQ ke-45 Kabupaten Deliserdang kepada Camat Tanjung Morawa Rio Lakadewa di Lapangan SMAN1 Tanjungmorawa, Sabtu (17/6). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjungmorawa - Kecamatan Tanjungmorawa berhasil meraih prestasi terbaik pada Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-45 Tingkat Kabupaten Deliserdang yang ditutup Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar di Lapangan SMAN1 Tanjungmorawa, Sabtu (17/6).

Keberhasilan Kecamatan Tanjungmorawa merih juara umum setelah mengumpulkan nilai tertinggi 87, disusul Kecamatan Pagarmerbau dengan nilai 62, kemudian jumlah nilai 33 diraih Kecamatan Percut Seituan, dan Kecamatan Lubukpakam pada posisi ke-4 dengan rahan nilai 28.

Juara umum yang iraih Tanjungmorawa dikumpulkan setelah merebut juara I pada sebelas mata lomba. Yakni pada Qasidah Rebana Klasik Remaja Putri, Qasidah Rebana Klasik Dewasa Putra, Bintang Vokalis Qasidah Gambus Anak-anak Putra, dan Bintang Vokalis Qasidah Gambus Anak-anak Putri.

Kemudian Bintang Vokalis Qasidah Gambus Remaja Putri, Bintang Vokalis Qasidah Gambus Dewasa Putra, Bintang Vokalis Qasidah Gambus Dewasa Putri, Pop Religi Remaja Putra, Pop Religi Remaja Putri, dan Pop Religi Dewasa Putra.

Saat menutup FSQ itu, Wabup HMA Yusuf Siregar menyampaikan salam Bupati Ashari Tambunan yang seyogyanya menutup acara tersebut, namun karena pada waktu bersamaan ada kegiatan mendesak lainnya, maka bupati tidak bisa hadir.

FSQ yang berlangsung sejak Selasa (13/6) dan dibuka Bupati Ashari Tambunan itu diikuti seluruh utusan dari 11 kecamatan di kabupaten tersebut. Pada FSQ itu digelar 18 mata lomba, yang nantinya grup dan vokalis terbaik akan disertakan pada kegiatan sama di jenjang yang lebih tinggi.

Kepada pemerintahan dan masyarakat Tanjungmorawa, Wabup Yusuf Siregar mengucapkan selamat dan mengingatkan agar prestasi yang dicapai dapat dipertahankan di masa-masa mendatang. “Ini prestasi yang harus dipertahankan. Sebab mempertahankan lebih sulit dari merebutnya,” katanya.

Menurutnya, FSQ ke-45 Kabupaten Deliserdang itu merupakan wujud dari peningkatan religiusitas di kalangan masyarakat, dibuktikan dengan partisipasi segenap kalangan masyarakat yang luar biasa. Hal itu juga menjadi modal besar bagi kemajuan pembangunan masyarakat yang religi sebagai salah satu inti dari visi-misi kabupaten tersebut.

Sementara usai penutupan, Camat Tanjungmorawa Rio Lakadewa yang baru sebulan betugas di kecamatan itu, juga menyampaikan terima kasih kepada segenap masyarakatnya atas kesungguhan dan dukungan sehingga prestasi tertinggi bisa dirah di ajang tersebut.

“Juara umum pada FSQ tahun ini, melengkapi prestasi juara umum MTQ kabupaten yang digelar pada pertengahan Maret 2023 lalu. Tahun ini, kita boleh berbangga karena dua juara umum kompetisi bergengsi di tingkat Deliserdang bisa kita boyong ke Tanjungmorawa,” imbuhnya.

Camat Rio juga berpesan kepada para utusan Tanjungmorawa agar terus berlatih, sebab tugas berat terpikul untuk mewakili Kabupaten Deliserdang ke jenjang berikutnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi