Manfaatkan Platform Digital untuk Kembangkan Bisnis

Manfaatkan Platform Digital untuk Kembangkan Bisnis
Harris Hartanto Tan (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - CEO and Co-Founder Coffenatics, Harris Hartanto Tan, melihat peluang besar dalam menjalankan bisnis kopinya ketika memanfaatkan platform digital Tokopedia. Bersama timnya, Harris memanfaatkan platform digital ini dalam memperluas pasar serta menjangkau wilayah lainnya di Indonesia.

“Tokopedia sangat membantu tumbuh kembang usaha Coffeenatics dalam meningkatkan penjualan. Kami mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia. Sejak bergabung, kami mengalami peningkatan transaksi sebanyak 350% per tahun. Kami juga telah menjangkau konsumen kami yang berlokasi di Papua dan sejauh ini pengiriman tersebut menjadi rute paling jauh," ujar Harris, Kamis (22/6).

Coffeenatics melakukan berbagai inovasi dengan membuat produk sebagai solusi dari kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan meluncurkan ragam varian Coffeenatics ready to drink. Harris mengungkapkan, kehadiran varian ini diharapkan dapat memudahkan konsumen untuk menikmati kopi kapan dan di mana saja.

Berbagai fitur dan layanan yang dihadirkan Tokopedia dimanfaatkan secara maksimal oleh Coffeenatics. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia yang memudahkan masyarakat mendapatkan produk Coffeenatics lebih cepat dan efisien.

Selain itu, Coffeenatics turut memanfaatkan berbagai kampanye, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) secara rutin setiap bulan.

Bangkit Lewat Jualan Online

Sempat sulit memasarkan produk, Fog Apothecary kini bangkit berkat Tokopedia. Meski pada awalnya menghadapi kesulitan untuk memasarkan produk essential oil, Pemilik Usaha Fog Apthecary, Vivi Tantri mengatasi hal tersebut dengan berjualan online pada 2018.

“Seiring berjalannya waktu, Fog Apothecary semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan omzet kami meningkat 100% setelah bergabung dengan Tokopedia. Kami telah berhasil mengirimkan produk hingga ke Kalimantan,” ucap Vivi.

“Seiring bertumbuhnya bisnis Fog Apothecary, kami terus berinovasi membuat produk rumah tangga, seperti spray anti tungau dan anti bakteri dengan menggunakan bahan alami yang aman untuk kulit sensitif. Kami menggunakan bahan-bahan alami dari ekstrak jahe, sereh, cengkeh, dan nilam. Bahan baku kami berkualitas tinggi, langsung didapatkan dari petani lokal di wilayah Pulau Jawa,” jelas Vivi.

Bersama timnya, Vivi turut memanfaatkan fitur serta promo yang dihadirkan. Mulai dari fitur Bebas Ongkir, Broadcast Chat, Voucher, dan Flash Sale.

“Tak hanya itu saja, kami rutin mengikuti kampanye Kejar Diskon spesial yang sangat membantu penjualan. Bahkan bisa meningkat hingga 3 kali lipat setiap masa kampanye,” ujar Vivi.

“Lewat berbagai inisiatif Hyperlocal, kami berharap dapat terus mendukung perkembangan para pelaku UMKM serta memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Sumatra Utara. Tokopedia terus bersinergi bersama berbagai pihak demi terwujudnya pemerataan ekonomi nasional secara digital di berbagai wilayah di Indonesia,” tutup Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi