Info Haji 2023

Menag Yaqut Berharap Musim Haji 2023 Berjalan Lebih Baik

Menag Yaqut Berharap Musim Haji 2023 Berjalan Lebih Baik
Menag Yaqut (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Jeddah - Menteri agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, sekaligus amirul hajj menilai layanan musim haji tahunan 2023 berjalan lebih baik. Utamanya pada saat pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Dari hasil peninjauan saya sejak Senin, 19 Juni hingga Kamis, 22 Juni 2023 layanan haji sudah bagus, khususnya di Armuzna, kita analisis 90% sudah siap. Tinggal satu dua hari ini yang kurang-kurang sedikit akan diselesaikan," kata Menag Yaqut di Bandara King Abdulaziz Jeddah saat hendak bertolak ke Jakarta, Kamis (22/6) pukul 18.00 WAS.

Kata dia, berbagai fasilitas di lokasi ini sudah baik, termasuk fasilitas toilet bagi jemaah, khususnya kaum perempuan dan lansia. "Untuk toilet sudah dipasang sebanyak 500 unit di Arafah. Kemudian AC juga juga sudah diganti semua, sudah lebih dingin dari tahun lalu di Arafah," jelasnya.

"Saya juga ke Mina, persiapan sudah bagus, semua lantai di Mina yang dulu plesteran semen, sekarang sudah diberi keramik sehingga bisa menyerap panas lebih banyak. Di samping itu saya lihat pendinginnya juga lebih bagus dari tahun lalu, lebih bersih. Tahun lalu itu debunya banyak sekali, dan kemarin saya lihat mulai bersih. Dan toilet juga ditambahkan, Alhamdulillah, terutama untuk lansia dan kaum difabel, saudara-saudara kita bisa mendapatkan akses yang mudah di Mina," tururnya.

Kemudian saya juga berkunjung di penginapan jemaah, di beberapa hotel, saya melihat jemaah semgringah, senang, dengan pelayanan yang kita berikan, "Alhamdulillah saya bersyukur mudah-mudahan ini meringankan para jemaah kita untuk beribadah dengan sebaik-baiknya," harapnya.

"Saya sekarang mau pulang dulu ke tanah air, ada tugas, nanti insya Allah hari Sabtu kembali lagi untuk bersama kawan-kawan dan seluruh jemaah haji dan petugas melakukan ibadah dan memastikan pelaksanaan ibadah di sini berjalan dengan baik," pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi