Api Olimpiade Dinyalakan 16 April 2024

Api Olimpiade Dinyalakan 16 April 2024
Pandangan umum tentang branding pada upacara yang bertuliskan 'Relais de la Flamme Olympique' (Reuters/Stephanie Lecocq)

Analisadaily.com, Paris - Api Olimpiade Paris 2024 akan dinyalakan pada 16 April, menandai hitungan mundur ke acara 26 Juli hingga 11 Agustus di ibu kota Perancis. Api akan dinyalakan di Olympia kuno Yunani, tempat kelahiran Olimpiade, dan akan tetap berada di negara tersebut hingga keberangkatannya ke Perancis dari Athena pada 27 April.

"Itu akan tiba di Marseille pada 8 Mei," kata penyelenggara Olimpiade dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Minggu (25/6).

Pawai obor akan tetap berada di Perancis metropolitan, terutama melalui Montpellier, Corsica, Bordeaux, dan Mont Saint Michel - hingga 7 Juni, ketika akan meninggalkan kota pelabuhan Brest dengan perahu untuk menyampaikan di wilayah seberang laut Perancis.

Ini akan kembali ke daratan Perancis dengan kapal pada 18 Juni. Kemudian akan melakukan perjalanan melalui Strasbourg, Reims dan Lille sebelum estafet di Paris pada 14 Juli hingga 15 Juli.

Dalam upacara tradisional di lokasi Olimpiade kuno, seorang aktris yang berperan sebagai pendeta tinggi menyalakan obor untuk setiap Olimpiade, musim panas atau musim dingin, menggunakan cermin parabola sebelum meneruskan nyala api ke pembawa obor pertama di tepi stadion Olimpiade kuno di Olympia.

Setelah estafet domestik singkat di Yunani, nyala api kemudian diserahkan ke kota tuan rumah.

Penyelenggara Paris mengatakan mereka akan menggunakan kapal tiga tiang Belem untuk membawanya ke kota pelabuhan Marseille, tempat kompetisi berlayar Olimpiade akan berlangsung.

Biasanya nyala api yang diadakan di lentera pengaman diterbangkan dengan pesawat ke kota tuan rumah Olimpiade.

Marseille, yang didirikan oleh pemukim Yunani di Phocaea sekitar 600 SM, adalah titik awal estafet kaki Perancis.

Penyelenggara Paris 2024 telah merencanakan untuk memasang api Olimpiade di Menara Eiffel, kata seorang sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut kepada Reuters bulan lalu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi