Handoko Apresiasi Poldasu Terima Kompolnas Award

Handoko Apresiasi Poldasu Terima Kompolnas Award
Irjen Pol RZ Putra Panca Simanjuntak dengan tokoh masyarakat Handoko Hardjono serta tokoh agama di Sumut dalam suatu momen kebersamaan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tokoh Masyarakat Sumut Handoko Hardjono menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Polda Sumatera Utara yang saat itu dikepalai Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi yang berhasil raih Kompolnas Award 2023, dengan penghargaan ini diharapkan Poldasu semakin optimal dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kekondusivitasan di Sumut khususnya Kota Medan, Senin (26/6).

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menggelar ajang penghargaan tersebut sebagai ajang apresiasi dan prestasi bagi satuan wilayah di Polri yang dinilai maksimal dalam melakukan tugas pokok dan fungsi. Dijelaskannya, beberapa satuan yang menerima award ialah Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror, Polda Sumut, Polresta Bandung dan Polsek Sota, satuan-satuan ini dinilai terbaik dalam kinerja. Kapoldasu Irjen Panca Putra menerima penghargaan itu secara langsung dari Kapolri Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo MSi di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (21/6) malam.

Handoko menyampaikan, dalam prestasi ini, Poldasu melampaui nominasi lainnya di antaranya Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Jawa Barat dan Polda Bali. "Untuk itu, prestasi ini patut kita berikan selamat dan sukses untuk Kapoldasu dan jajaran Polda Sumut. Saya langsung sampaikan selamat via telepon dan media sosial atas award ini sebagai bentuk respons positif dan bagian dari mitra serta keluarga besar Poldasu," urai Handoko yang juga anggota kehormatan KBPP Polri ini.

"Kami sebagai masyakat Sumut tentu merasa bangga dengan keberhasilan dan capaian ini. Kinerja Poldasu tentu sudah baik dan semakin membaik seiring waktu, hal ini juga patut kita banggakan sebagai masyarakat dan tetap menjaga sinergitas dengan kepolisian. Termasuk dalam turut menjaga kamtibmas," jelas Handoko.

Menurutnya, Polda Sumut di bawah kepemimpinan Irjen Panca Putra memang layak menerima penghargaan Kompolnas tersebut. Sepadan dengan kinerja dan prestasi yang baik. "Semoga ke depan bisa lebih baik lagi, karena mempertahankan prestasi lebih sulit dari pada meraihnya," tukas tokoh yang dekat dengan para tokoh agama, media dan tokoh masyarakat lainnya di Sumut ini.

Sumut, terangnya, adalah daerah yang menonjol dibanding lainnya dilihat dari berbagai aspek, misal kondisi masyarakat yang majemuk, multi etnis, kondisi masyarakat yang cukup rawan dari sisi kamtibmas. Namun begitu, Sumut jadi daerah barometer di Indonesia. Jadi jika ada pejabat yang berhasil menangani Sumut dengan baik, maka akan dinilai mampu menangani Indonesia. Begitu pun dengan kinerjra Irjen Panca yang mampu memimpin di Sumut. "Tentu saya yakin mampu memimpin pada lingkup yang lebih tinggi lagi di Tanah Air ini dalam ruang pengabdian negara," tandasnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat mendukung kepolisian, khususnya Poldasu dan jajaran menjaga keamanan, ketertiban masyarakat agar tetap kondusif dalam semua situasi. Tentu hal ini baik bagi seluruh kegiatan semua lapisan masyarakat sehingga berpengaruh positif terhadap pembangunan daerah. Menurutnya, penghargaan ini merupakan simbol atas kinerja terbaik untuk kepentingan seluruh masyarakat. Award ini sebagai bonus dan apresiasi.

Penilaian award ini, jelasnya, dengan indikator di antaranya rasio penyelesaikan SKM Kompolnas, indeks transformasi pengawasan, integritas satwil, kinerja operasional satwil dan manajemen media. Lalu, indeks transformasi pelayanan publik, respons publik atas kinerja personal dan kemampuan satwil dalam melakukan pemetakan potensi kerawanan pemilu/pilkada. "Sekali lagi, selamat dan sukses kepada Irjen Panca Putra," pungkasnya.

Sementara, Irjen Panca menyatakan, terima kasih kepada jajaran Poldasu atas kinerja terbaik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia berpesan, penghargaan ini jangan membuat puas diri, tapi dijadikan pelecut untuk semangat bekerja lebih giat lagi. Termasuk memberikan pelayanan prima untuk masyarakat. "Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh personel Polda Sumut dan masyarakat Sumut. Ayo kita terus jaga Sumut tetap aman dan kondusif, meningkatkan sinergitas dan memberikan pelayanan yang terbaik,” demikian Kapoldasu.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi