Info Haji 2023

Jemaah Haji Kloter Pertama Pulang 4 Juli 2023

Jemaah Haji Kloter Pertama Pulang 4 Juli 2023
Kadaker Bandara Haryanto saat beri penjelasan (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Mekkah - Puncak Haji Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) 1444 Hijriah/2023 telah selesai kendati ada kendala masih relatif bisa ditangani dengan baik. Untuk kepulangan jemaah haji ke tanah air sesuai jadwal gelombang pertama dimulai 4 Juli 2023 melalui Bandara King Abdulaziz Internasional Jeddah.

"Ya, direncanakan pada 4 Juli 2023, Kloter 1 dari Batam (BTH) 01 mulai berangkat sekitar pukul 00.05 WAS," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara, Haryanto, Sabtu (1/7).

Kata dia, dalam pemulangan jemaah pada hari tersebut diikuti jemaah berikutnya, sekitar 18 Kloter. Untuk pelaksanaan teknis ia menjelaskan, bahwa 8 jam sebelum keberangkatan jemaah harus diberangkatkan dari hotel Mekkah.

Perjalanan 1-2 jam, 6 jam sebelumnya sudah tiba di Bandara Jeddah di plaza. Terkait barang bawaan jemaah ditegaskan Haryanto perlu diperhatikan tidak melebihi batas ketentuan yang suda ditetapkan.

Misalnya, tas tentengan 7 kilogram, barang bagasi /koper maksimal 32 kg melebihi dari ketentuan ini pihak maskapai akan tegas menindak bahkan tidak segan membongkar barang dan meninggalkannya tidak diperbolehkan masuk pesawat.

Kemudian untuk jemaah haji juga kami mohon tidak membawa barang bawaan seperti air minum zamzam dibotol dikemas lalu dimasukin ke koper besar, beberapa hal sering terjadi pada akhirnya koper dibongkar dan akan jadi maslah.

“Jemaah juga dapat satu orang 5 liter di embarkasi dan tidak boleh lebih. Intinya untuk koper bagasi jangan ada cairan supaya proses aman dan lancar,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi