Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Bangun Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata di Toba

Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Bangun Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata di Toba
Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Bangun Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata di Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba - Kejar target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan pembangunan Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata (PKDP) di Kabupaten Danau Toba, Sumatera Utara.

Pembangunan PKDP yang akan dinamainya Tourism Creativity Center itu terletak di sebelah Kantor Bupati Toba, Jalan Sutomo Pagar Batu, Kelurahan Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

"Tahun ini Kabupaten Toba mendapatkan Dana Alokasi Khusus dan kita akan mulai membangun mulai tanggal 21 Juli dan diharapkan selesai tahun ini, yaitu sebuah pusat kreasi destinasi pariwisata atau kita singkat PKDP," ungkap Sandiaga Uno ketika menghadiri KaTa Kreatif di Kabupaten Toba pada Rabu (19/7).

"Nanti kita namakan adalah Tourism Creativity Center, jadi pusat kreasi destinasi pariwisata ini kita harapkan juga akan menjadi etalase dari produk-produk ekonomi kreatif kita," jelasnya.

Kehadiran PKDP tersebut katanya menjawab permintaan masyarakat, khususnya para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Danau Toba.

Mereka menginginkan adanya Creative Hub atau Creative Centre untuk memasarkan beragam produk ekonomi kreatif lokal.

"Dan ini pemerintah menjawab, langsung hadir dengan sebuah program Dana Alokasi Khusus yang kita harapkan nanti saat F1 Power Boat di tahun 2024 sudah siap dan digunakan sebagai etalase dari produk-produk ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

Lewat kehadiran PKDP tersebut, dirinya berharap Danau Toba dapat menyumbang sekira 15-20 persen dari target 4,4 juta penciptaan lapangan kerja pada tahun 2024.

PKDP pun diharapkan dapat memperkuat ekosistem sektor ekonomi kreatif dari Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

"Kita harapkan menjadi lokomotif sub sektor lainnya, sehingga Destinasi Super Prioritas Danau Toba yang ada di Kabupaten Toba ini akan mampu untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja yang luas dengan target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,"ungkap Sandiaga Uno.

"Kami sangat melihat antusiasme dari masyarakat dan dengan lebih banyaknya kunjungan wisatawan, dan event-event berkualitas nasional dan internasional yang hadir di Kabupaten Toba ini kita harapkan juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya berharap.

Hal senada disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada Sandiaga Uno yang hadir secara langsung meninjau Kabupaten Toba.

Kehadiran tersebut katanya memberikan motivasi dan semangat yang luar biasa kepada masyarakat Toba.

"Kami percaya dengan kehadiran Bapak di sini akan terjadi peningkatan di ekonomi kreatif yang membawa kesejahteraan masyarakat di sini, karena sekarang kami juga sudah prioritaskan dari segi pembangunan ini kami prioritaskan pariwisata," ungkap Poltak.

"Jadi dengan adanya dorongan untuk menaikkan ekonomi kreatif kita, saya yakin kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. Terima kasih Pak Menteri," tutupnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi