20 Hektare Hutan Tongging Terbakar

20 Hektare Hutan Tongging Terbakar
Hutan Tongging Terbakar (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Hutan di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, terbakar, Sabtu (29/7) sekira pukul 17.30 WIB, tepatnya di kawasan Perbukitan Dolok Panggulangan. Minggu (30/7) pagi kebakaran hutan Tongging baru bisa dipadamkan.

Kapolres Karo, AKBP Wahyudi Rahman, didampingi Kapolsek Tigapanah, AKP H Sihotang, saat dikonfirmasi membenarkan terjadi kebakaran lahan di Perbukitan Dolok Panggulangan.

"Seluas 20 hektare lahan ditumbuhi semak dan kayu putih di Desa Tongging, mendekati Kafe Sapo Juma terbakar," ucapnya.

Dijelaskannya, 2 unit mobil Damkar dibantu personel gabungan diketahkan untuk memadamkan api. “Karena medan yang sulit, pagi tadi sekira pukul 06.00 WIB api baru berhasil dipadamkan. Personel pemadam masih stand by di sekitar lokasi,” sebutnya.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena yang terbakar adalah lahan kosong ditumbuhi semak dan kayu. Kerugian materil juga belum dapat diperkirakan, penyebab titik api juga belum diketahui,” sambungny.

Wahyudi menyebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPH XV Kabanjahe. Diimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar sampah, membuang puntung rokok di areal hutan yang berpotensi api akan dengan cepat menyebar.

“Bagi siapun itu yang sengaja membakar hutan, ada sanksi pidananya, dan kita akan tindak tegas kepada pelaku pembakaran hutan,” tegas Kapolres.

(DIK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi