SMKN 2 Karang Baru Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Siswa Magang

SMKN 2 Karang Baru Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Siswa Magang
Orangtua siswa SMKN 2 Karang Baru, Aceh Tamiang, saat mengikuti program sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan cabang Langsa, bertempaat di Aula SMKN 2 tersebut, Senin (31/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Aceh Tamiang-SMK Negeri 2 Karang Baru, Aceh Tamiang, menggandeng Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa, untuk melindungi siswa magangnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa, Muhammad Kurniawan, kepada Analisadailu.com, Senin (31/7) mengatakan, untuk meberikqn pemahaman kepada orang tua siswa magang memberikan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan bertempat di Aula SMKN 2 Karang Baru.

"Ada sebanyak 300 orangtua siswa magang SMKN 2 Karang Baru, yag ikut dalam kegiatan sosialisasi tersebut yang saat itu diwakilkan oleh Account Representative Khusus BPJS Ketenagakerjaan Langsa, Rifki Zil Ikram,"sebutnya.

Dikatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka implementasi Permenaker Nomor : 5 dengan sasarannya adalah para kepala sekolah SMK di Aceh Tamiang. Tujuannya, agar mereka memahami pentingnya Program BPJS Ketenagakerjaan termasuk untuk para siswa/siswi yang akan magang atau melaksanakan praktik kerja lapangan di perusahaan

Lebih lanjut, Muhammad Kurniawan, mengatakan, siswa magang juga memiliki risiko yang sama dengan tenaga kerja ketika melakukan pekerjaan. Karenanya, siswa magang sangat perlu dilindungi dalam Program BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan siswa magang diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan, maka selama kegiatan magang jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, akan dijamin baik itu kecelakaan dalam perjalanan menuju perusahaan tempat magang atau kecelakaan kerja di tempat magang.

" Mereka akan mendapatkan perawatan tanpa batas biaya hingga sembuh. Kami berharap seluruh SMK di wilayah Aceh Tamiang khususnya SMKN 2 Karang Baru mendaftarkan para siswa magang ke program jaminan sosial Ketenagakerjaan sebelum dikirim ke tempat pelaksanaan praktik kerja lapangan atau magang,"pungkasnya.

(DIR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi