PT IPS Bantu Masyarakat Perbangunan Atasi Kekeringan Persawahan

PT IPS Bantu Masyarakat Perbangunan Atasi Kekeringan Persawahan
Atasi kekeringan persawahan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Asahan - Kemarau yang berkepanjangan akibat cuaca ekstrim menjadi ancaman bagi Petani di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang sehingga tidak bisa menabur benih dan proses tanam pindah.

Kegiatan itu tidak dapat dilakukan bahkan jika sudah tanam bisa terancam gagal panen, karena kekurangan pasokan air.

Menyadari ancaman itu, PT. IPS menyediakan mesin pompa air untuk menyedot air guna disalurkan ke saluran-saluran milik petani agar dapat menggenangi sawah mereka.

“Kita sangat prihatin dengan kondisi kemarau saat ini, petani kekurangan air, sedangkan air pasang tidak mampu menggenangi sawah-sawah mereka,” ungkap Fahyudi Manurung, SH selaku Kepala Personalia dan Umum PT. IPS saat meninjau lokasi pompa air itu yang berada di Dusun IV Desa Perbangunan, Jumat (4/8).

Untuk saat ini, baru satu mesin pompa yang beroperasi dan pihak perusahaan siap menambahkan beberapa mesin pompa lainnya. “Mungkin dua atau tiga minggu kedepan, tinggal menunggu lokasi penyedotan air yang ditunjuk masyarakat,” ungkap Fahyudi lagi.

Sementara itu, Kepala Desa Perbangunan Arinton Sihotang mengucapkan terima kasih kepada PT. IPS yang telah meminjamkan mesin pompa air dan tentunya itu akan meringankan beban masyarakat petani di desanya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PT. IPS yang telah bersedia meminjamkan mesin poma air, mudah-mudahan bisa beroperasi dengan baik yang akhirnya air sampai ke areal-areal persawahan sehingga aktifitas pertanian dapat berjalan dengan normal,” ungkapnya.

Selain itu, Fahyudi juga mengatakan bahwa perusahaan berperan aktif membantu masyarakat disekitar lokasi kebun terutama dalam bidang pendidikan, sosial dan keagamaan.

Beberapa bantuan yang sudah disalurkan berupa Bantuan Material untuk Pembangunan lapangan olahraga SDN 014631 Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Bantuan Material untuk Pembangunan Masjid Al Ikhlas di Desa Pertahanan Kecamatan Sei Kepayang, dan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu di Desa Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang.

(ALN/BR)

Baca Juga

Rekomendasi