Aceh Peringati 18 Tahun Damai, Jusuf Kalla Ajak Tatap Masa Depan

Aceh Peringati 18 Tahun Damai, Jusuf Kalla Ajak Tatap Masa Depan
Aceh Peringati 18 Tahun Damai, Jusuf Kalla Ajak Tatap Masa Depan (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Wakil Presiden (Wapres) RI Periode 2014-2019 HM Jusuf Kalla, mengajak seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat Aceh untuk menjadikan peringatan 18 tahun perdamaian Aceh, sebagai momentum melihat dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Menurutnya, membanggakan masa lalu tidaklah berarti tanpa diiringi kerja keras untuk masa depan.

“Kita harus terus bekerja dan berusaha untuk masa depan, jangan banggakan masa lalu, jangan berpatokan pada masa lalu,” kata Jusuf Kalla saat memberi sambutan pada peringatan hari perdamaian Aceh ke-18, di Taman Sulthanah Safiatuddin, Selasa (15/8).

Peringatan tersebut dihadiri Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Ketua DPRA Saiful Bahri, Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Haydar, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, Kajati Aceh Bambang Bachtiar, Sekda Aceh Bustami Hamzah, Wakil Ketua Komite Peralihan Aceh Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak dan sejumlah mantan kombatan.

Mantan Wapres yang akrab disapa JK itu mengatakan, orang Aceh saat ini harus mengandalkan masa depan.

Kata dia, masa depan yang baik dapat diraih melalui pendidikan dan perkembangan teknologi saat ini.

Lebih lanjut, JK mengaku memiliki tanggungjawab moral terhadap perdamaian Aceh.

Meskipun sudah tidak lagi berada dalam lingkaran pemerintahan, sebagai inisiator perdamaian ia akan tetap terus berusaha mewujudkan seluruh kesepakatan perdamaian.

“Saya bersyukur ditemukan cadangan Migas baru di onshore (darat) Aceh, sebanyak 70 persen dari penghasilan Migas ini nantinya akan menambah pendapatan Aceh, berbeda dengan daerah lain yang hanya mendapat 15 persen,” kata JK.

Oleh sebab itu, JK meminta pemangku kebijakan yang ada di Aceh untuk mempersiapkan generasi mudah dengan mengirim mereka ke sekolah bidang minyak dan gas. Dengan begitu sumber daya alam Aceh akan dikelola oleh orang Aceh sendiri.

"Saya percaya orang disini akan melakukan yang terbaik,” kata JK.

Sementara Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar menyampaikan kegelisahannya, terhadap kondisi pembangunan Aceh yang saat ini belum merata.

“Bagi saya sayang sekali, dalam 18 tahun damai, pembangunan Aceh belum merata dan belum seperti yang kita harapkan,” katanya.

Karena itu, Wali Nanggroe berharap di masa depan para elite Aceh fokus pikiran, tenaga, kekuatan untuk membangun Aceh yang lebih sejahtera dan lebih bermartabat.

“Ini adalah cita-cita kita semua. Saya haqqul yakin, jika kita bersatu dan dapat juga perhatian dari pemerintah pusat, Aceh dapat kita bangun. Saya yakin jika kita konsentrasi, Aceh lebih baik ke depan,” ujarnya.

Peringatan hari perdamaian Aceh ke-18 itu digelar Pemerintah Aceh melalui Badan Reintegrasi Aceh (BRA). Pada momentum perdamaian tahun ini, BRA membagikan sertifikat lahan untuk mantan kombatan dan korban konflik di Aceh Jaya. Total ada 520 orang penerima lahan dengan luas 792 hektare.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi