Ketahui Pengertian Barang dan Macam-Macamnya

Ketahui Pengertian Barang dan Macam-Macamnya
Ilustrasi barang-barang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Di bidang ekonomi, ada istilah barang dan jasa yang seringkali diartikan sama. Barang sering disebut-sebut sebagai benda yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Lantas, apa pengertian barang secara rinci dan apa saja macam-macamnya?

Mengutip dari BelajarEkonomi.com, akan dijelaskan banyak hal mengenai materi tentang ekonomi. Salah satunya adalah pengertian dari istilah barang yang akan dijelaskan kali ini. Lebih baik langsung simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Barang

Barang merupakan suatu benda berwujud atau tidak berwujud yang bisa dikonsumsi sampai habis dan bisa diperdagangkan. Menurut KBBI, barang adalah benda umum (segala sesuatu yang berwujud), baik itu cair, keras, perkakas, atau bahkan muatan selain manusia.

Barang umumnya merujuk pada produk yang dapat dikonsumsi secara nyata atau komoditas yang ditawarkan perusahaan oleh konsumen dengan berupa balas jasa. Barang tersebut pada dasarnya memiliki karakteristik fisik baik itu bentuk, penampilan, ukuran, berat, dan sebagainya.

Barang dapat memuaskan setiap manusia dengan menyediakan utilitas. Sejumlah barang dibuat untuk lebih dari satu kali pemakaian, tergantung pada jenis barang yang digunakan tersebut.

Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian barang itu sendiri. Berikut merupakan ulasannya.

1.Fandy Tjiptono

Menurut Fandy Tjiptono, yang merupakan seorang Associate Profesor di Victoria University of Wellington, barang adalah produk yang berwujud fisik sehingga bisa dilihat, dirasa, diraba, disentuh, disimpan, dan perlakuan fisik lainnya.

2.Adam Smith

Sementara itu, menurut Adam Smith yang merupakan seorang ahli ekonomi klasik, mengemukakan pendapat bahwa barang merupakan sesuatu yang mempunyai nilai tukar dan diproduksi untuk dijual di pasar.

3.John Stuart Mill

Pengertian barang menurut John Stuart Mill ialah sebagai suatu benda atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan manusia. Terbagi menjadi dua yaitu kebutuhan alamiah dan kebutuhan buatan.

4.Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, barang ialah segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia dan dapat diproduksi dengan biaya tertentu. Menurutnya, barang mempunyai nilai guna dan nilai tukar, dapat memenuhi kebutuhan manusia, dan dapat diproduksi dengan biaya tertentu.

5.Karl Marx

Terakhir, menurut Karl Marx, barang ialah suatu benda yang diproduksi dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Klasifikasi dan Jenis Barang

Barang mempunyai klasifikasi dan jenisnya masing-masing. Mulai dari berdasarkan sifat, fungsi, cara kerja, maupun cara penggunaannya. Berikut merupakan uraian lengkapnya.

1.Sifat

Berdasarkan sifatnya, barang terdiri dari dua jenis, yaitu barang ekonomis dan barang bebas.

  • Barang ekonomis: ialah barang yang untuk mendapatkannya diperlukan suatu effort baik itu biaya, waktu, atau tenaga, hal ini disebabkan jumlahnya yang lebih terbatas.
  • Barang bebas: barang bebas ialah barang yang untuk mendapatkannya tidak diperlukan effort dan biasanya barang jenis ini mudah didapatkan dan tersedia di alam.

2.Fungsi

Berdasarkan fungsinya, barang dibagi menjadi tiga bagian yaitu barang konsumsi, barang produksi/modal, dan barang illith. Lantas, apa perbedaan ketiganya?

  • Barang konsumsi: barang konsumsi ialah barang yang siap untuk digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Barang produksi/modal: ialah barang yang tidak dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer, tetapi sebagai barang yang membantu proses produksi.
  • Barang illith: merupakan barang yang apabila keberadaannya memiliki jumlah yang banyak, akan mendatangkan bencana. Misalnya seperti air, apabila digunakan dalam jumlah yang cukup bisa untuk memasak, mencuci, mandi. Sementara itu, jika terlalu banyak contohnya seperti banjir.

3.Cara Penggunaan

Berdasarkan cara penggunaannya, pengertian barang memiliki 2 bagian yaitu barang substitusi dan barang komplementer.

  • Barang substitusi ialah barang yang mempunyai sifat saling menggantikan, sehingga ketika tidak ada barang yang dicari, maka bisa diganti dengan barang lain yang sifatnya sama.
  • Barang komplementer : barang komplementer ialah barang yang sifatnya saling melengkapi, dalam penggunaan barang tersebut, harus digabungkan dengan barang lainnya

4.Cara Pengerjaan

Terakhir, berdasarkan cara pengerjaan. Berdasarkan cara pengerjaannya, barang terdiri dari 3 bagian, yaitu barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

  • Barang mentah: ialah barang yang dihasilkan oleh alam secara langsung dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya seperti hasil pertanian atau hasil perkebunan.
  • Barang setengah jadi: ialah barang yang perlu dilakukan proses produksi selanjutnya agar bisa dikonsumsi. Misalnya seperti tepung, beras, kain, dan sebagainya.
  • Barang jadi: ialah barang yang telah selesai dilakukan proses produksi dan dapat langsung dikonsumsi atau diperdagangkan oleh manusia.

Kegunaan Barang

Berikut ini merupakan pemaparan tentang kegunaan dari barang. Terdapat 5 kegunaan barang dan contohnya yang perlu Anda ketahui.

  • Element utility: contohnya buah-buahan, sayuran, dll.
  • time utility: contohnya penggunaan payung saat hujan, minum obat saat sakit.
  • place utility: contohnya pasir sungai yang dipindah ke kota.
  • form utility: contohnya kayu menjadi kursi, kain menjadi baju.
  • ownership utility: contohnya mobil di dealer yang dibeli oleh konsumen.
Itu dia pemaparan tentang pengertian barang lengkap dengan sifat, fungsi, cara penggunaan, dan kegunaannya. Apabila Anda tertarik dengan materi tentang ekonomi lainnya, Anda bisa menelusuri lebih lengkap laman resmi BelajarEkonomi.com.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi