STAI Al-Ishlahiyah Binjai Bersama STAI Aceh Tamiang dan IAIN Langsa Gelar SENDIMAS 2023

STAI Al-Ishlahiyah Binjai Bersama STAI Aceh Tamiang dan IAIN Langsa Gelar SENDIMAS 2023
Panitia dan Peserta SENDIMAS 2023 diabadikan bersama. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai bersama STAI Aceh Tamiang dan IAIN Langsa Provinsi Aceh mengadakan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2023. Seminar ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi laporan pengabdian para akademisi dan implementasi dari MoU kerja sama yang telah dilakukan oleh ketiga kampus tersebut.

Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENDIMAS) 2023 ini dilaksanakan Senin, 28 Agustus 2023, di Aula Gedung Kecamatan Sekerak Kab.Aceh Tamiang Prov. Aceh.

Camat Sekerak Saftian Putra Jatami S.Stp. MAP, Ketua STAI Syekh H.Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai JUnaidi SS.,S.Pd.,M.Si, Ketua STAI Aceh Tamiang Rizki Maulana, S.Sos., M.SP, menyampaikan sambutan dan pembukaan.

Turut hadir Anizar, M.A. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah, Wakil Ketua III STAI Syekh H.Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai Dr.Abdul Halim Nasution, MH,Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM STAI Syekh H.Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai Wiene Surya Putra,S.Pd.,M.Pd dan para dosen-dosen pemateri.

SENDIMAS 2023 mengusung tema “Membangun Masyarakat Maju Berkeadaban Berbasis Integrasi Ilmu, Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama”.

Seminar ini memuat hasil pengabdian masyarakat di bidang pendidikan, sosial humaniora, sains dan teknologi, ekonomi kreatif, lingkungan, pengentasan kemiskinan, dan bidang relevan lainnya disertai pengukuhan MoU kerja sama dan pemberian cendramata untuk Camat Sekerak, STAI Aceh Tamiang dan IAIN Langsa.

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai Wiene Surya Putra,S.Pd.,M.Pd, menyebutkan bahwa kegiatan setingkat nasional ini bertujuan untuk membuat wadah publikasi, mendorong diskusi ilmiah antarakademisi, menunaikan kewajiban dosen, memasukkan artikel ke jurnal PKM bersinta, meningkatkan IKU 5, dan mendukung strategi bagi dosen untuk tahun yang akan datang.

“Yang terakhir, terciptanya atmosfer akademik. Supaya jika dosen berkumpul, membahas hal-hal akademik,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya kejujuran dan integritas akademik. Ia menyebut bahwa seluruh hasil submisi akan melalui uji plagiarisme menggunakan perangkat lunak seperti turnitin.

Di samping itu, seminar ini akan melibatkan mahasiswa sebagai tenaga pendukung. “Mahasiswa menjadi administrasi di setiap kegiatan,” katanya. Menurutnya, keterlibatan mahasiswa dalam seminar nasional ini dapat menjadi pengalaman berharga.

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu aspek Tridharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban dosen. Seminar ini akan mempermudah publikasi hasil pengabdian para dosen.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi