FH USU Gelar PKM Berdayakan Desa Wisata

FH USU Gelar PKM Berdayakan Desa Wisata
FH USU saat menggelar PKM dalam memberdayakan desa wisata (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara (FH USU) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Desa Punden Rejo, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Minggu (3/9/2023).

PKM bertemakan, 'Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Desa Wisata Punden Rejo ini, dihadiri Ketua Tim Pelaksana PKM FH USU Dr Syarifah Lisa Andriati SH MHum, Ketua Pokdarwis Praba Baskara, Ketua Pengelola Adi Suwanto, Perangkat Desa Yudi Supriadi dan Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Deliserdang Rahmi Khairan Nasution MPsi.

Ketua Tim Pelaksana PKM FH USU, Dr Syarifah Lisa Andiati mengatakan, kegiatan ini menyasar SDSs, dengan tujuan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan pekerjaan yang layak bagi semua.

"Kegiatan ini juga diharapkan bermanfaat bagi pemerintah Desa (Pemdes) Punden Rejo sebagai masukan dan pertimbangan serta referensi untuk memperbaiki pelaksanaan BUMDes dalam mensejahterakan masyarakat desa," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deliserdang, Rahmi Khairan Nasution MPsi mengungkapkan, Desa wisata Punden Rejo ini berpontensi untuk menjadi desa wisata yang menarik bagi wisatawan, karena lokasinya yang cukup dekat dari Kota Medan.

"Ini menjadi daya tariknya yang cukup bisa dipertimbangkan. Sebelum pandemi, Desa Wisata Punden Rejo tersebut cukup banyak mendatangkan wisatawan dan berbagai wahana yang ditawarkan di sana, contohnya seperti menaiki perahu dan memancing," ungkapnya.

Namun, lanjut Rahmi, setelah pandemi, wisatawan menjadi sedikit. Ini menjadi faktor Desa Punden Rejo kurang terawat, beberapa wahana wisata tutup seperti naik perahu dan menjadikan Desa Wisata Punden Rejo sepi, karena kalah dengan wisata lain yang lebih terawat serta menarik minat wisatawan.

"Inovasi dari SDM di desa itu sangat penting untuk mengembalikan minat wisatawan terhadap daerah Desa Wisata Punden Rejo," harapnya.

Ketua Pokdarwis, Praba Baskara Nasution mengapresiasi PKM yang digelar FH USU tersebut. "Dengan adanya pengabdian masyarakat yang di gelar USU ini dapat memberi semangat kepada para pengurus dan pemuda di sana sebagai upaya untuk mengembangkan Desa wisata Punden Rejo," katanya.

Di akhir acara dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari tim Pelaksana PKM FH USU kepada Rahmi Khairan Nasution sebagai bentuk terima kasih atas terselenggaranya kegiatan itu dengan lancar.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi