Alumni Sarjana Hukum USU Sangat Berminat Ikuti CPNS Kejaksaan RI

Alumni Sarjana Hukum USU Sangat Berminat Ikuti CPNS Kejaksaan RI
Kegiatan Kejaksaan AGung Goes To USU yang digelar di Aula Fakultas Hukum USU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kejaksaan Republik Indonesia membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun 2023. Ada beberapa formasi CPNS Kejaksaan RI yang dibuka bagi para tamatan SMA/SMK sederajat dan para sarjana, baik itu untuk pegawai tata usaha dan calon jaksa di lingkungan kerja Kejaksaan RI.

Kejaksaan membuka pendaftaran 7.846 formasi CPNS pada tahun ini. Formasi CPNS Kejaksaan 2023 ini terdiri atas empat jenis jabatan, yakni calon jaksa, petugas barang bukti, pengelola penanganan perkara, dab penjaga tahanan. Formasi adalah jumlah jabatan atau susunan pegawai yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas di suatu kementerian/lembaga, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Bagi para sarjana alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, inilah peluang untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kejaksaan RI. Kita ajak putra-putri terbaik alumni USU untuk bagian dari kita, pegawai di Kejaksaan RI. Mendaftarlah dan ikuti seluruh rangkaian proses seleksi CPNS Kejaksaan RI tahun 2023. Mudah-mudahan lulus!," kata Kepala Sub Bagian Jenjang Karir Biro Kepegawaian Kejaksaan RI, Fadli dalam kegiatan Kejaksaan AGung Goes To USU yang digelar di Aula Fakultas Hukum USU, pada Rabu (13/9).

Fadli sengaja datang ke Fakultas Hukum USU di Medan untuk mensosialisasikan penerimaan CPNS Kejaksaaan RI Tahun 2023. Dia mengapresiasi penerimaan pihak kampus USU dan memfasilitasi dalam kegiataan sosialisasi hari itu.

"Terima kasih kita sampaikan untuk Ikatan Alumni Fakultas Hukum USU, khusus untuk Hasrul Benny Harahap selaku Ketua Ikatan Alumni, juga kepada pihak Dekanat Fakultas Hukum USU atas kegiatan kita hari ini. Mudah-mudahan kerjasama dan sinergitas Kejaksaan RI dengan USU ke depannya semakin meningkat," ujar Fadli.

Dalam kegiatan itu, sejumlah mahasiswa dan alumni sangat antusias mengikuti sosialisasi penerimaan CPNS Kejaksaan RI Tahun 2023 yang disampaikan Kasubbag Jenjang Karir Biro Kepegawaian, Fadli. Beragam pertanyaan diajukan peserta sosialisasi baik lewat tatap muka dan juga lewat zoom meeting/online. Mereka menyampaikan keinginan untuk ikut seleksi penerimaan CPNS Kejaksaan RI Tahun 2023.

"Mohon kami diinfokan, kesiapan calon peserta ujian nantinya. Baik itu soal kesehatan, fisik, tinggi badan, ijazah sarjana, batas umur dan juga nilai kumulatif pada ijazah sebagai syarat penerimaan CPNS Kejaksaan RI ini," tanya seorang peserta.

Kasubbag Jenjang Karir, Fadli meminta para calon peserta ujian untuk rajin mengecek syarat maupun jadwal ujian penerimaan CPNS Kejaksaan RI di media-media sosial Kejaksaan RI. Kita cantumkan jadwal dan syarat penerimaan CPNS Kejaksaan RI Tahun 2023 di beberapa media sosial milik Kejaksaan RI, dan juga satker di Kejati dan Kejari se Indonesia.

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum USU, Hasrul Benny Harahap mengaku terpanggil memfasilitasi sosialisasi penerimaan CPNS Kejaksaan RI Tahun 2023 di kampus Fakultas Hukum USU di Medan hari itu. Pihaknya berharap para sarjana alumni FH USU banyak yang diterima sebagai CPNS Kejaksaan RI Tahun 2023.

"Sarjana alumni FH USU siap bersaing dalam penerimaan CPNS Kejaksaan RI tahun ini. Apalagi, beberapa alumni saat ini banyak yang mengabdi di Kejaksaan RI. Bahkan menduduku jabatan strategis di Kejaksaan RI, baik itu sebagai Kepala Kejaksaan Negeri bahkan ada yang menapaki karir saat ini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi. Ini menandakan alumni FH USU adalah sarjana yang berkualitas dan siap berkarya dalam pelayanan dan penegakan hukum di lingkungan Kejaksaan RI," ujarnya.

Daftar Formasi CPNS Kejaksaan 2023

Berikut daftar formasi CPNS Kejaksaan 2023.

Calon Jaksa

Kejaksaan membuka pendaftaran sebanyak 2.000 formasi CPNS untuk jabatan calon Jaksa. Jabatan ini terbuka untuk lulusan Sarjana (S1) Hukum/Ilmu Hukum.

Tugas jabatan ini adalah sebagai ahli hukum dan aparatur penegak hukum yang berkaitan dengan kekuasaan kehakiman antara lain penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pelaksanaan putusan, pemberian jasa hukum, dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan termasuk penanganan perkara koneksitas.

Petugas Barang Bukti

Kejaksaan membuka pendaftaran sebanyak 1.146 formasi CPNS untuk jabatan Petugas Barang Bukti. Jabatan ini terbuka untuk lulusan sebagai berikut.

Diploma III (D3) Ekonomi

D3 Manajemen

D3 Teknik Informatika

D3 Akuntansi

D3 Komputer

D3 Komunikasi

D3 Sekretaris

D3 Hubungan Masyarakat

D3 Perpajakan

Tugas jabatan ini adalah melakukan kegiatan pengelolaan barang bukti dan aset tindak pidana.

Pengelola Penanganan Perkara

Kejaksaan membuka pendaftaran sebanyak 2.142 formasi CPNS untuk jabatan Pengelola Penanganan Perkara. Jabatan ini terbuka untuk lulusan SLTA Sederajat.

Tugas jabatan ini adalah melakukan kegiatan penyiapan bahan dan pengelolaan administrasi penanganan perkara di bidang pidana, intelijen penyelenggaraan penegakan hukum, perdata, dan TUN serta tindak pidana militer.

Penjaga Tahanan

Kejaksaan membuka pendaftaran sebanyak 2.258 formasi CPNS untuk jabatan Penjaga Tahanan. Jabatan ini terbuka untuk lulusan SLTA Sederajat. Tugas jabatan ini adalah melakukan penjagaan, pembinaan, pengawalan, dan pengelolaan tahanan.

Berusia 18-35 tahun, khusus jaksa 18-27 tahun, Sehat jasmani dan rohani.

Tidak buta warna, Berat badan ideal dengan tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan 155 cm, Berperilaku baik, tidak pernah memiliki riwayat pidana, Bersedia melepas jabatan jika berafiliasi dengan partai politik, Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, Minimal IPK 3,00 untuk D3 dan S1 dan Minimal TOEFL 450.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi