Dosen USU Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Pendidikan Politik Berbasis Digital

Dosen USU Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Pendidikan Politik Berbasis Digital
Dosen USU Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Pendidikan Politik Berbasis Digital. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan tema “Pendidikan Politik Berbasis Digital Melalui Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kabupaten Deli Serdang” di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, Kamis (14/9/2023).

Pengabdian ini dilaksanakan tim dosen Universitas Sumatera Utara berkerjasama dengan Universitas Darma Agung yang diketuai oleh Drs. Heri Kusmanto MA., Ph.D serta bermitra dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara bersama kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Kabupaten Deli Serdang yang dibentuk oleh KPU Provinsi Sumatera Utara pada Agustus 2021 melalui Surat Keputusan Nomor 614/PR.07-NK/12/Prov/IX/2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, dibuka Kepala Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Partisipasi Hubungan Masyarakat KPU Provinsi Sumatera Utara Maruli Pasaribu, SH.

“Dalam kesempatan ini, mewakili pimpinan, kami semua mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Tim Pengabdian USU yang sudah membuat kegiatan, bagi kami suatu kebanggaan bahwa ada kelanjutan DP3 yang sudah dilakukan di dua desa di Kabupaten Deli Serdang sejak 2021”, ujarnya.

Maruli menjelaskan, bahwa kegiatan ini dapat menjadi tindak lanjut dari program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di wilayah Kabupaten Deli Serdang, dalam hal ini menghadirkan dua desa yang menjadi utusan KPU Provinsi Sumatera Utara yaitu pada Desa Bandar Khalipah dan Desa Tembung Kabupaten Deli Serdang.

Dalam sosialisasi program, Ketua Pelaksana pengabdian Drs. Heri Kusmanto MA., Ph.D menjelaskan, pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk memenuhi syarat perguruan tinggi yang di mana ada penelitian, pengabdian, dan pengajaran, dalam hal ini pengabdian menjadi pemenuhan tanggungjawab kami sebagai dosen untuk memberi kontribusi kepada masyarakat.

Drs. Heri Kusmanto MA., Ph.D juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan untuk menyambut Pemilu 2024.

“Karena kami berlatarbelakang Program Studi Ilmu Politik, kami melihat program DP3 ini memiliki kesesuaian dengan bidang kami. Dengan sudah dekatnya Pemilu 2024 ini menjadi latar belakang kami dalam pemberdayaan masyarakat ini dalam bentuk pendidikan politik berbasis digital,” ujarnya.

Pada pengabdian yang dihadiri 23 kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Kab. Deli Serdang ini dilanjutkan dengan assesment kepada peserta pengabdian untuk menyelidiki permasalahan penurunan partisipasi pemilih di Desa Bandar Khalipah dan Desa Tembung yang dilakukan oleh anggota pengabdian Faiz Albar Nasution, S.I.P., M.Sos, dan dilanjut oleh Piki Darma Kristian Pardede, S.Sos, M.Si, yang juga merupakan dosen Universitas Darma Agung untuk menganalisis hasil assesment guna memetakan materi dengan menghasilkan Pendidikan Politik Digital sebagai alternatif solusi dari permasalahan menurunnya partisipasi pemilih di kedua desa tersebut.

Selanjutnya, kegiatan pengabdian ini memberikan Pelatihan Penentuan Segmentasi Pendidikan Politik Digital Berkelanjutan yang dibawakan oleh Faiz Albar Nasution, S.I.P., M.Sos selaku anggota pengabdian dan juga dosen Program Studi Ilmu Politik dengan capaian peserta pengabdian memahami pentingnya pendidikan politk dan berpartisipasi dalam pemilihan, serta bagaimana menguatkan potensi-potensi yang sudah dimiliki oleh Kade DP3 Kabupaten Deli Serdang dan dapat membagi segmentasi penerima manfaat terhadap materi-materi pendidikan politik digital berkelanjutan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan memberikan pelatihan mengenai Pendidikan Politik Digital yang dijelaskan oleh Imam Fahreza selaku Mahasisa Universitas Sumatera Utara yang juga aktif sebagai penggiat Media Digital. Pelatihan ini diisi dengan pengenalan mengenai kampanye digital serta memberikan pelatihan dalam pembuatan poster dan konten digital yang juga meberikan arahan mengenai promosi di media sosial.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi dan juga tanya jawab oleh peserta pengabdian kepada pemateri pengabdian sebagai bentuk umpan balik dalam kegiatan ini. Pengabdian ini ditutup dengan foto bersama oleh pelaksana pengabdian dan mitra pengabdian dalam hal ini KPU Provinsi Sumatera Utara bersama Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Kabupaten Deli Serdang.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi