Poltekpar Medan Jadi Partisiapan dalam TFI-Scale di Republic Polytechnic of Singapore

Poltekpar Medan Jadi Partisiapan dalam TFI-Scale di Republic Polytechnic of Singapore
Poltekpar Medan Jadi Partisiapan dalam TFI-Scale di Republic Polytechnic of Singapore (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Singapura - Poltekpar Medan ikut serta dalam Kegiatan TFI-Scale (Temasek Foundation Specialist Community Action and Leadership Exchange) di Singapura dengan tema “Marketing Sustainable Cultural And Natural Tourism Destination to Youth”.

Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama Politeknik Pariwisata Medan dengan Republic Polytechnic of Singapore, di mana 15 orang mahasiswa terpilih dari Politeknik Pariwisata Medan akan mengikuti kegiatan yang melibatkan aspek-aspek seperti pemberdayaan, peningkatan keterampilan kepemimpinan, peningkatan kesadaran sosial, jaringan dan kolaborasi, serta peluang karir di bidang pengembangan komunitas.

Kegiatan ini diikuti oleh 5 negara diantaranya Singapore, Indonesia, Thailand, Filipina, dan China. Dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 19 September 2023.

Pada Acara penutupan pada 18 September 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara dan seluruh panitia yang telah merancang, mempersiapkan, dan melaksakan program ini. Kegiatan yang mengusung tema “Marketing Suistainable Cultural and Natural Tourism Destinations to Youth” sangat bermanfaat dalam menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih besar terhadap pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berfokus pada destinasi wisata budaya dan alam serta bagaimana hal tersebut dapat dipasarkan kepada generasi muda di Asia Tenggara.

“Saya apresiasi kepada seluruh peserta baik dari Indonesia, maupun dari negara lainnya. Saya percaya seluruh peserta telah melakukan yang terbaik dan mendapatkan banyak pengalaman serta pengetahuan baru,” ucapnya, dalam keterangan Jumat (22/9).

Kegiatan ini merupakan salah satu bukti nyata hubungan baik antar negara-negara Asia secara khusus Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, dan China. Setelah melewati berbagai halangan khususnya COVID-19, kolaborasi nyata ini akhirnya dapat dilaksanakan kembali.

Peran pemuda dalam mewujudkan keberlanjutan memang sangatlah penting, bukan hanya di bidang pariwisata namun juga dalam setiap sektor kehidupan manusia. Perlu adanya stimuli agar para pemuda menyadari dan mengingat betapa pentingnya peran mereka dalam mewujudkan keberlanjutan sehingga dapat terus menggali dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Direktur Pokltekpar Medan, Ngatemin menyampaikan harapan kegiatan ini dapat terus berlangsung, dan memberikan manfaat bagi lebih banyak pemuda dunia. Kami segenap warga negara Indonesia, secara khusus masyarakat Kota Medan membuka pintu selebar-lebarnya untuk menyambut kedatangan civitas akademik Republic Politeknik Singapura tahun depan.

“Mari kita selalu berkolaborasi untuk mengembangankan ilmu pengetahuan dan kualitas hidup masyarakat dunia secara khusus melalui pemberdayaan pemuda,” pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi