Mendikbudristek Lantik Idham Kamil Sebagai Direktur Polmed

Mendikbudristek Lantik Idham Kamil Sebagai Direktur Polmed
Mendikbudristek Lantik Idham Kamil Sebagai Direktur Polmed (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, melantik Dr Ir Idham Kamil ST MT sebagai Direktur Politeknik Negeri Medan (Polmed) periode 2023-2027 di Auditorium Kemdikbudristek, Jakarta, Senin (25/9).

Turut hadir dalam pelantikan, Direktur Polmed periode 2019-2023, Abdul Rahman SEAk MSi, Ketua Senat Polmed Rihat Sebayang ST MT, Ketua Komisi Akademik Dr Arfanda Anugerah S ST MSi, Ketua Komisi Etika dan Sumber Daya Dr Ismi Affandi SEAk MSi, Ketua Komisi Kerja Sama dan Kemahasiswaan Yulifati Laoly SE SH MHum MSi PhD, dan Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Umum Polmed M Rikwan ES Manik SE ME.

Dalam sambutannya, Nadiem Makarim menyampaikan harapan kepada pemimpin perguruan tinggi yang dilantik dapat segera melakukan konsolidasi, dan merumuskan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di unit kerja masing-masing.

"Melalui komitmen yang kuat untuk mentransformasi sistem pendidikan tinggi, kita akan melahirkan talenta-talenta muda yang cerdas dan berkarakter yang siap berkontribusi untuk Indonesia serta selalu menjunjung tinggi profesionalitas," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Analisadaily.com, Senin (25/9).

Mas Menteri, panggilan akrab Nadiem Makarim, juga mengajak untuk terus menguatkan semangat kolaborasi karena masa depan anak-anak Indonesia bergantung pada komitmen kita untuk mentransformasi dan memajukan sistem pendidikan.

"Oleh karena itu, mari terus kuatkan kolaborasi kita untuk bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar," ajaknya.

Selanjutnya, Mendikbudristek juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Direktur Polmed periode sebelumnya, Abdul Rahman, atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa selama memangku jabatan yang membawa banyak perubahan dan pencapaian di Polmed.

Usai dilantik, Idham Kamil menyatakan akan meningkatan penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Di samping itu, tak kalah penting adalah meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Idham juga siap mengemban amanat dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk mewujudkan visi dan misi Polmed. Pihaknya akan terus memaksimalkan dan menargetkan pelaksanaan program MBKM di Polmed, termasuk dalam peningkatan mutu pembelajaran dan tata kelola perguruan tinggi.

"Pelaksanaan program ini akan memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi mahasiswa, sumber daya manusia, juga memberi dampak positif bagi mitra industri kita juga siap bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang unggul melalui Program MBKM," pungkasnya.

(GAS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi