Tim Pengabdian USU Berikan Penguatan Literasi dalam Menulis Teks Berita bagi Siswa SMA Negeri 1 Stabat

Tim Pengabdian USU Berikan Penguatan Literasi dalam Menulis Teks Berita bagi Siswa SMA Negeri 1 Stabat
Tim Pengabdian USU Berikan Penguatan Literasi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Stabat - Menulis berita merupakan salah satu bentuk keterampilanyang perlu dikuasai oleh siswa. Melihat urgensi dari hal ini, maka tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Prof. Dr. Humaizi, Prof. Dr. R. Hamdani Harahap, dan Muhammad Yusuf, M.A. melaksanakan kegiatan penguatan danpeningkatan literasi siswa SMA Negeri 1 Stabat dalam menulis teks berita melalui pendekatan genre-based. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan menulis berita yang kuat dan relevan dengan tuntutan zaman.

Acara tersebut di selenggarakan pada tanggal 23 September 2023 bertempat di Aula SMA Negeri 1 Stabat dan di ikutioleh 20 orang siswa dan siswi SMA Negeri 1 Stabat.

Tujuan di laksanakannya kegiatan ini adalah; Meningkatkan Kemampuan Menulis teks berita, Memberikan pelatihan mendalam kepada siswa, dalam menulis teks berita. yang informatif, jelas, dan menarik.

Menggunakan Pendekatan Genre-Based: Mengenalkan pendekatan genre-based yang efektif untuk mengajarkan struktur dan ciri-ciri teks berita kepada siswa.

Menginspirasi Jurnalisme: Mendorong minat siswa dalam dunia jurnalisme dan mengeksplorasi berbagai topik berita. Evaluasi dan Pengembangan: Memberikan umpan balik yang berguna kepada siswa agar mereka dapat terus memperbaiki kemampuan menulis berita mereka.

Prof. Dr. Humaizi, M.A. yang juga guru besar bidang ilmukomunikasi FISIP USU menegaskan bahwa menulis beritayang baik dan terpercaya menjadi hal yang sangat pentingdalam menghadapi tuntutan zaman bagi siswa.

Menulis beritayang baik tentu harus memenuhi unsur dan kaidah-kaidahyang ada sehingga perlu diberikan pelatihan ini bagi siswayang mana juga merupakan bagian dari kurikulumpembelajaran baik itu dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di level SMA.

Kepala sekolah, SMA Negeri 1 Stabat Nano Prihatin M.Psi. sangat gembira menyambut kegiatan ini ia berharap dengan kegiatan ini dan kepada tim pengabdian usu agar mau memberikan ilmunya kepada siswa/siswi saya. Terima kasih juga kepada USU yang telah memberikan perhatiannya kepada siswa kami di daerah Langkat ini.

Pelatihan cara membuat teks berita dilakukan oleh Muhammad Yusuf, M.A. yang juga merupakan Sekretaris Program Studi Sastra Inggris FIB USU dibarengi dengan tanya jawab dan interaksi oleh peserta pelatihan. Acara ditutup dengan latihan penulisan teks berita dan foto bersama.

Tim pengabdian menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para siswa/siswa dan pihak-pihak yang mengikuti kegiatan ini sampai selesaikhususnya LPPM Universitas Sumatera Utara dan SMA Negeri 1 Stabat.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi