Antony Blinken: Palestina Harus Memainkan peran Sentral untuk Masa Depan Gaza

Antony Blinken: Palestina Harus Memainkan peran Sentral untuk Masa Depan Gaza
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, di Muqata di Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel, 5 November 2023. (Reuters/Jonathan Ernst/Pool)

Analisadaily.com, Baghdad - Diplomat Amerika Serikat, Antony Blinken mengatakan Otoritas Palestina (PA) harus memainkan peran sentral dalam masa depan Jalur Gaza, saat ia bertemu dengan para pemimpin Irak dan melakukan tur ke wilayah tersebut di tengah meningkatnya ketegangan Israel dengan Hamas.

Blinken melewati pos pemeriksaan Israel untuk bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas di kota Ramallah di Tepi Barat, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Irak. Ini adalah kunjungan keduanya ke wilayah tersebut sejak militan Hamas yang menguasai Gaza melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang dan menyandera lebih dari 240 lainnya, menurut Israel.

"Pandangan, suara, dan aspirasi Palestina harus menjadi “pusat” pembicaraan tentang masa depan Gaza," kata Blinken kepada wartawan di Bagdad dilansir dari Reuters, Senin (6/11).

Ketika Israel melanjutkan kampanye serangan udara yang menurut para pejabat kesehatan Gaza telah menewaskan 9.770 warga Palestina, Menteri Luar Negeri Blinken menolak seruan gencatan senjata dari para pejabat Arab pada hari Sabtu setelah meminta, namun tidak berhasil, kepada Israel untuk menghentikan pertempuran lebih terbatas sehari sebelumnya.

“Ini adalah sebuah proses,” kata Blinken tentang dorongan untuk jeda kemanusiaan, dan mengatakan bahwa Israel memiliki pertanyaan penting tentang bagaimana hal itu akan dilakukan, dan rinciannya sedang dibahas saat ini.

Penting bagi setiap jeda untuk memajukan beberapa masalah, termasuk pembebasan sandera, katanya.

Dalam diskusi dengan pemerintah Irak, Blinken berkata, "Saya menjelaskan dengan sangat jelas bahwa serangan dan ancaman yang datang dari milisi yang bersekutu dengan Iran sama sekali tidak dapat diterima."

Amerika Serikat mengirimkan pesan kepada “siapa pun yang mungkin berusaha mengambil keuntungan dari konflik di Gaza untuk mengancam personel kami di sini atau di mana pun di kawasan ini: ‘Jangan lakukan itu,’” katanya.

Selain berupaya memastikan konflik tidak menyebar di wilayah tersebut, Blinken juga berupaya memulai diskusi tentang bagaimana Gaza dapat diperintah setelah kehancuran total Hamas yang menurut Israel adalah tujuannya.

Abbas mengatakan kepada Blinken bahwa Gaza adalah “bagian integral” dari negara yang diinginkan warga Palestina, menurut laporan pertemuan tersebut dari kantor berita resmi Palestina WAFA, yang menyatakan bahwa peran Otoritas Palestina dalam mengatur Gaza harus menjadi bagian dari penyelesaian konflik yang lebih luas, konflik yang telah berlangsung puluhan tahun.

“Kami akan sepenuhnya memikul tanggung jawab kami dalam kerangka solusi politik komprehensif yang mencakup seluruh Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza,” kata Abbas seperti dikutip WAFA.

Keduanya bertemu selama sekitar satu jam tetapi tidak berbicara kepada media.

“Kita perlu melihat AS memainkan peran sebagai mediator yang jujur, bukan mengadopsi narasi Israel,” Husam Zomlot, kepala Misi Palestina untuk Inggris, mengatakan kepada CBS pada hari Minggu.

Blinken memiliki beberapa “ide bagus” tentang masa depan, katanya, tetapi “sekaranglah waktunya untuk….menghentikan pembunuhan terhadap warga sipil”

Abbas mengatakan kepada Blinken bahwa harus ada gencatan senjata segera dan bantuan harus diizinkan masuk ke Gaza, menurut juru bicara Nabil Abu Rudeineh.

Blinken mengatakan Amerika Serikat berkomitmen untuk menyalurkan bantuan ke Gaza dan memulihkan layanan penting di sana, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam sebuah pernyataan mengenai pertemuan tersebut.

“Menteri juga menyatakan komitmen Amerika Serikat untuk berupaya mewujudkan aspirasi sah Palestina untuk pembentukan negara Palestina,” kata Miller.

Blinken telah menyatakan bahwa “Otoritas Palestina yang efektif dan direvitalisasi” akan menjadi pilihan yang paling masuk akal untuk menjalankan pemerintahan di wilayah tersebut, namun ia mengakui bahwa negara-negara lain dan badan-badan internasional kemungkinan akan memainkan peran dalam keamanan dan pemerintahan untuk sementara waktu.

PA Abbas, yang menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel, popularitasnya menyusut di tengah tuduhan korupsi, ketidakmampuan, dan kebencian terhadap pengaturan kerja sama keamanan dengan Israel. Tidak jelas siapa yang akan menggantikan Abbas, 87 tahun, yang sudah lanjut usia dan sedang sakit-sakitan, yang merupakan penentang keras Hamas.

Menteri luar negeri Mesir dan Yordania mengatakan pada hari Sabtu setelah pertemuan dengan Blinken bahwa terlalu dini untuk membicarakan masa depan Gaza, karena mereka menyerukan gencatan senjata segera untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang telah melanda 2,3 juta penduduk di jalur tersebut.

Blinken berargumentasi bahwa gencatan senjata hanya akan memungkinkan Hamas untuk berkumpul kembali, namun ia juga berusaha meyakinkan Israel untuk menyetujui jeda di lokasi tertentu yang akan memungkinkan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk didistribusikan di Gaza.

Meskipun Hamas dengan ketat mengontrol Gaza yang terkepung, Tepi Barat merupakan gabungan kompleks kota-kota di lereng bukit, permukiman Israel, dan pos pemeriksaan tentara yang memecah belah komunitas Palestina.

Kekerasan sudah mencapai titik tertinggi dalam 15 tahun terakhir pada tahun ini, namun terus meningkat sejak perang dimulai, dengan lebih dari 170 serangan terhadap warga Palestina yang melibatkan pemukim Yahudi dicatat oleh PBB.

Blinken memuji Abbas karena berhasil meredakan ketegangan di Tepi Barat dan mengatakan kepadanya bahwa dia telah menekan pejabat Israel untuk bertanggung jawab, kata pejabat senior Departemen Luar Negeri.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi