Review Buku The Things You Can See Only When You Slow Down

Review Buku The Things You Can See Only When You Slow Down
Buku The Things You Can See Only When You Slow Down (Analisadaily/Internet)

Untuk Anda yang suka baca buku dengan tema self improvement, maka wajib melirik yang satu ini. Buku The Things You Can See Only When You Slow Down merupakan sebuah buku inspiratif karangan Haemin Sunim, yang merupakan biksu Buddha populer asal Korea Selatan yang mengajar meditasi Zen.

Beliau tentu punya pengetahuan yang luas seputar agama dan spiritual berkat profesinya sebagai biksu yang sudah dilakoni selama 20 tahun. Buku satu ini merupakan buku pertamanya yang sudah terbit sejak tahun 2012. Adapun buku dengan tema pengembangan diri ini, bisa menjadi panduan untuk Anda yang ingin mencapai mindfulness.

Merupakan Buku yang Populer

The Things You Can See Only When You Slow Down merupakan buku yang sangat populer dengan penjualan lebih dari 3 juta eksemplar di Korea, bahkan meraih penghargaan sebagai buku terbaik sepanjang tahun. Tidak hanya di Korea tentunya, karena buku ini juga cukup laris manis di Indonesia bahkan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa mulai dari bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Inggris dan juga bahasa Thailand serta bahasa Perancis.

Buku ini sendiri lahir lewat pengalaman dan latar belakang penulis yang cukup relevan dengan pengalaman masyarakat pada umumnya. Cerita yang termuat dalam buku ini sebenarnya sederhana, namun sangat related dengan pengalaman yang juga dialami oleh banyak orang. Di mana ketika apa yang Anda pikir baik apalagi dengan dorongan ego, belum tentu memberikan hasil yang baik pula. Karena berkat ego, Anda kadang-kadang jadi lupa untuk memikirkan hal lainnya terutama kapasitas orang lain untuk menerima dan menghadapi apa yang Anda lakukan.

Dalam buku ini, ada 8 sub bab di mana ke-8 babnya berisi tentang refleksi terhadap hidup yang sedang kita jalani. Mulai dari pekerjaan hingga hubungan dengan diri sendiri dan juga orang lain serta masa depan dan masih banyak lagi. Biasanya pada buku pengembangan diri penulis memberikan tips dan instruksi secara tersurat, namun hal ini berbeda karena Haemin Sunim lewat gagasan dan rangkaian kalimat yang dibuat agar pembaca bisa menemukan jawabannya sendiri. Buku ini ditulis tidak lebih untuk mengingatkan anda para pembaca untuk bisa beristirahat karena memang buku ini dianjurkan untuk dibaca secara lambat terutama bagi yang merasa sedih, rasa sedang kalut, berada dalam ketakutan dan juga bingung.

Gaya bahasa yang ada pada buku ini sangat mudah dimengerti dan terdapat pula ilustrasi pendukung tambahan, jadi cocok sekali dibaca oleh kalangan remaja hingga orang dewasa.

Apa yang Menarik Dari Buku Ini?

Buku pengembangan diri ini pada setiap sub babnya, menerangkan permasalahan yang relevan dengan kehidupan modern dan di dalamnya diakhiri dengan kalimat pendek yang berisi kata-kata nasehat. Dalam kehidupan, tentu saja ada momen di mana setiap orang mengalami kesalahan dan bisa belajar lewat kesalahan tersebut. Karena setiap orang hanya bisa merasakan pengalaman baik setelah melewati pengalaman buruk.

Buku ini banyak sekali membantu menyelesaikan persoalan dalam hidup dengan menemukan kembali diri Anda sendiri. Tidak hanya sekedar kata-kata yang mengagumkan di dalamnya namun memberikan kebenaran yang kuat, yang anda sendiri sebenarnya sudah tahu betul namun lebih sering teralihkan oleh kesibukan dunia. Ilustrasi di dalam buku sangat menenangkan dan mudah dipahami oleh para pembaca. Anda tidak perlu cepat-cepat untuk menghabiskan setiap halaman dari buku ini karena sebagian besar dari isi buku merupakan nalar wajar dan saran yang baik untuk dipahami dan diresapi.

Apa yang Kurang Menarik Dari Buku Ini?

Secara keseluruhan buku The Things You Can See Only When You Slow Down sangat bagus untuk memberikan motivasi bagi Anda yang sedang mengalami kegalauan, kecemasan hingga ketakutan. Namun di dalam buku terdapat banyak kutipan yang terkesan menggurui, sementara tidak semua orang bisa menerima kutipan yang berisi saran tersebut.

Buku satu ini memuat banyak sisi berdasarkan pengalaman spiritual dan ajaran agama, jadi agaknya kurang bisa dinikmati oleh semua orang sebab ada perbedaan keyakinan dan juga kepercayaan.

Pesan Moral yang Bisa Diambil

Pesan moral yang bisa diambil dalam buku The Things You Can See Only When You Slow Down, bisa saja berbeda bagi setiap pembaca karena memang ditulis secara relevan dengan masalah yang ada di dunia modern. Buku pengembangan diri ini tidak menawarkan solusi secara rinci melainkan dalam bentuk essay, yang lebih mengarah ke renungan pribadi sehingga setiap pembaca punya pemahaman dan pengertian yang berbeda-beda.

Namun intinya adalah ketika dunia berjalan terlalu cepat Anda tidak harus berjalan secepat itu juga melainkan lebih kepada fokus ke diri sendiri, lambatkan diri dan buat dunia melambat mengikuti anda. Mindfulness adalah kunci utama untuk mendapatkan kedamaian di dunia yang semakin sibuk dengan memahami dan mengendalikan pikiran maka anda bisa mengubah dan mengendalikan dunia.

Itu tadi review singkat buku The Things You Can See Only When You Slow Down, yang tentu bisa jadi rekomendasi untuk Anda yang sedang mencari buku self improvement ataupun buku yang bisa memotivasi. Anda yang sedang cari buku satu ini maka bisa beli dengan mudah lewat Blibli. Di Blibli, tentu saja Anda bisa menemukan berbagai buku dengan banyak genre, baik itu buku fiksi maupun non fiksi dengan harga sangat murah.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi