Mengenal dan Memahami Bahasa Arab Lewat Buku ‘Semangat Belajar Bahasa Arab’

Mengenal dan Memahami Bahasa Arab Lewat Buku ‘Semangat Belajar Bahasa Arab’
Mengenal dan Memahami Bahasa Arab Lewat Buku ‘Semangat Belajar Bahasa Arab’ (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Buku Semangat Belajar Bahasa Arab untuk MI Kelas Idisusun berdasarkan “Keputusan Dirjen Pendis No. 3211 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah”, buku ini dapat digunakan sebagai pedoman belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Arab untuk MI.

Dalam buku ini disajikan Pembahasan Materi, Berbagai Latihan, Latihan Soal Akhir Bab, Uji Capaian Pembelajaran, Soal Tipe AKMI, Praproyek, serta Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin.

Buku ini dapat mendorong peserta didik untuk mengenal dan memahami Bahasa Arab dengan lebih baik dan berani berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

Buku Semangat Belajar Bahasa Arab untuk MI Kelas Imerupakan pilihan yang tepat bagi peserta didik untuk mengenal dan belajar bahasa Arab pada jenjang kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu keunggulan utama buku ini adalah penyusunan materi yang disesuaikan dengan standar kurikulum terbaru, yaitu CP No. 3211 Kurikulum Merdeka pada Madrasah, sehingga dapat menjamin kesesuaian antara isi buku dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

“Buku ini juga telah memuat seluruh aspek pembelajarandalam Kurikulum Merdeka. Selain pembahasan materi, buku ini dilengkapi dengan latihan soal akhir bab, uji capaian pembelajaran, dan juga soal tipe AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) sehingga dapat mengukur pemahaman peserta didik secara komprehensif,” tertulis falam keterangan diperoleh Rabu (3/4).

Terdapat pula praproyek di setiap akhir pembelajaran yang tidak hanya mengembangkan elemen-elemen dalam Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik, melainkan juga Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin.

Dengan harga yang bersaing, buku ini disajikan dengan berbagai ilustrasi yang menarik dengan warna-warna cerah sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik secara visual. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan media digital berupa audio pembelajaran bahasa Arab yang dapat didengarkan dengan cara memindai QR Code yang tersedia di halaman isi buku.

Meskipun buku ini memiliki tampilan yang menarik, terdapat pula kekurangan yang ditemukan di dalamnya. Ukuran font yang digunakan dalam buku Semangat Belajar Bahasa Arab MI Kelas I cukup besar, sehingga memberi kesan yang terlalu padat pada isi buku.

Selain itu, meskipun buku ini telah dilengkapi dengan audio pembelajaran bahasa Arab, akan lebih baik lagi jika ditambahkan media pendukung pembelajaran lainnya, seperti animasi dan video, yang dapat menambah dimensi visual yang interaktif bagi peserta didik yang masih berada di jenjang kelas I MI.

Secara keseluruhan, Semangat Belajar Bahasa Arab MI Kelas I adalah buku yang direkomendasikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Arab kelas I Madrasah Ibtidaiyah yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

“Susunan materi yang disesuaikan dengan standar kurikulum terbaru serta berbagai fitur pendukung pembelajaran dapat mendukung proses pembelajaran Bahasa Arab peserta didik secara efektif dan menyenangkan,” bunyi keterangan mengakhiri.

Identitas Buku:

Judul buku: Semangat Belajar Bahasa Arab untuk MI Kelas I

Penulis: Firman Hamdani

Penerbit: Penerbit Erlangga

Tahun Terbit: 2023

Tebal Halaman: 184 halaman

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi