Setiawan Dikukuhkan Jadi Guru Besar Tetap USU Bidang Ilmu Manajemen Keperawatan

Setiawan Dikukuhkan Jadi Guru Besar Tetap USU Bidang Ilmu Manajemen Keperawatan
Prof Setiawan saat membacakan pidato pengukuhannya. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Setiawan dikukuhkan menjadi guru besar tetap dalam bidang ilmu manajemen keperawatan pada Fakultas Keperawatan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., MSi., Senin (13/11/2023) di Gelanggang mahasiswa USU.

Dalam pidatonya berjudul "Tata Kelola Keperawatan Profesional dan Peran Strategis Perawat Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit, Prof Setiawan menyampaikan bahwa tata kelola keperawatan profesional (professional nursing governance) didesain berdasarkan pada asumsi bahwa perawat memiliki kualifikasi menjadi garda terdepan melayani pasien dalam dunia kesehatan.

“Perawat merupakan garda terdepan dalam melayani pasien selama dua puluh empat jam sehari, tata kelola keperawatan profesional didesain berdasarkan pada asumsi bahwa perawat memiliki kualifikasi untuk menilai dan memutuskan kebutuhan perawatan pasien, dan juga tata kelola keperawatan profesional merupakan struktur yang memberdayakan perawat untuk berkontribusi secara kolaboratif,” ujarnya.

Tidak hanya itu Prof Setiawan juga menyampaikan perihal dampak tata kelola keperawatan profesional yang dirancang untuk terlaksananya pelayanan keperawatan di rumah sakit yang efisien dan efektif, dan juga ada banyak dampak implementasi model tata kelola keperawatan profesional di rumah sakit.

“Tata Kelola keperawatan profesional dirancang untuk terlaksananya pelayanan keperawatan di rumah sakit yang efektif dan efisien, pelayanan keperawatan yang dijalankan dengan sistem ini akan memberdayakan perawat, dan juga ada banyak dampak implementasi model ini seperti pemberdayaan, pertumbuhan kepemimpinan dan paparan terhadap peningkatan kualitas serta penurunan turnover dan peningkatan kepuasan,” kata Prof Setiawan.

Prof Setiawan mengatakan, bahwa tata kelola keperawatan profesional memegang peranan vital dalam pemberian pelayanan kesehatan di rumah sakit, dan juga rumah sakit yang mengaplikasikan tata kelola keperawatan profesional akan memastikan bahwa kinerja manajemen pada level memuaskan.

“Tata Kelola keperawatan profesional memegang peranan vital dalam pemberian pelayanan kesehatan dirumah sakit, rumah sakit yang mengaplikasikan tata kelola keperawatan profesional akan memastikan bahwa kinerja manajemen dan kinerja klinis keperawatan sebuah rumah sakit berada dalam level memuaskan atau unggul dan secara umum akan mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” tutup Prof. Setiawan, SKP, MNS, PhD.

(Magang/TAH)

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi