Industri Solusi Tata Udara Dikenalkan ke Politeknik Negeri Medan

Industri Solusi Tata Udara Dikenalkan ke Politeknik Negeri Medan
Industri Solusi Tata Udara Dikenalkan ke Politeknik Negeri Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Politeknik Negeri Medan mendapat kunjungan dari Daikin Airconditioning Indonesia (Daikin). Selain memberikan kuliah khusus terkait dengan industri solusi tata udara yang menjadi spesialisasi perusahaan ini sepanjang hampir satu abad di dunia, dalam kunjungan tersebut Daikin juga berbagi informasi peluang berkarir di industri solusi tata udara di Indonesia.

“Dengan memperkenalkan industri solusi tata udara pada mahasiswa, harapannya, informasi dan pengetahuan ini dapat menginspirasi untuk mempersiapkan diri saat memasuki dunia kerja nanti,” ujar Charly Widjaja, Kepala Cabang Daikin untuk area Medan dan sekitarnya dalam sambutan, Rabu (22/11).

Lebih lanjut dikatakannya, kunjungan ini menjadi bagian program Daikin Goes To Campus yang terhitung untuk ketiga kalinya menyambangi institusi pendidikan tinggi di area Medan dan sekitarnya pada tahun ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dirancang menjadi cerminan upaya perusahaan lebih berkontribusi pada bidang sosial kemasyarakatan, khususnya pendidikan.

Berjalan dengan kunjungan pada institusi pendidikan tinggi di berbagai daerah di Indonesia, kegiatan ini menjadi agenda tahunan perusahaan untuk meningkatkan wawasan sekaligus menginspirasi mahasiswa akan industri solusi tata udara.

Pelaksanaan Daikin Goes to Campus di Politeknik Negeri Medan ini mengambil tempat di Gedung A Lantai 2 Rapat Jurusan Teknik Mesin yang berlokasi di Jl. Almamater No. 1 Kampus USU Medan, Sumatera Utara.

Lebih dari 70 mahasiswa yang didominasi jurusan Teknik Mesin menjadi pesertanya. Sementara dari pihak Daikin sendiri, membawa beberapa tenaga ahli yang bertindak sebagai pemberi materi dengan dipimpin langsung kepala cabangnya.

Diantara bahasan materi dalam kegiatan ini, Daikin menyampaikan pengetahuan dasar dan prinsip-prinsip refrigerasi yang ada pada perangkat Air Conditioner (AC) berbasis inverter maupun non-inverter.

“Sejalan dengan dukungan DAIKIN pada gerakan hemat energi yang digagas pemerintah Indonesia, materi ini disampaikan untuk mendorong perluasan pemahaman tentang inverter sebagai teknologi yang telah terbukti mempunyai kinerja lebih tinggi dalam penghematan energi,” ujar Charly Widjaja lagi.

Dalam kesempatan yang sama, juga diberikan paparan perkembangan inovasi AC. Berikut berbagai ragam dengan dukungan fitur didalamnya yang masing-masing dirancang sesuai dengan karakteristik peruntukan bangunan. Pada sebuah sesi yang berbeda, Daikin pun menyampaikan peluang berkarir di industri.

Sebagai upaya menjauhkan kebosanan dari peserta, penyampaiannya pun dikolaborasi dengan sesi yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk berinteraksi. Mengemukakan pertanyaan, opini maupun berbagi tanggapan terkait pokok bahasan yang disampaikan.

Terkait dengan pelaksanaan kembali Daikin Goes To Campus di Medan ini, lebih lanjut Charly Widjaja menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melaksanakannya di masa mendatang. Hal ini dilakukan seiring dengan upaya terus mengembangkan program tersebut untuk menjalin keterhubungan lebih baik antara pelaku industri dengan institusi pendidikan.

Diantara pengembangan ini, Charly Widjaja menyatakan, kedepan telah menyiapkan rancangan untuk memperluas cakupannya pada berbagai sekolah kejuruan yang terdapat pada area Medan dan sekitarnya.

“Sebagai salah satu inisiatif sosial perusahaan, kami terus mengembangkan program ini menjadi representasi upaya kami meningkatkan jalinan komunikasi dan kolaborasi dunia pendidikan dengan pelaku industri untuk perkembangan sumber daya manusia di masa mendatang,” pungkas Charly Widjaja.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi