Kelompok Yahudi Kritik Pernyataan Paus Fransiskus Soal 'Terorisme'

Kelompok Yahudi Kritik Pernyataan Paus Fransiskus Soal 'Terorisme'
Paus Fransiskus berbicara pada audiensi umum mingguan, di Vatikan, 22 November 2023. (Vatican Media/­Handout via/Reuters/File Foto)

Analisadaily.com, Vatican City - Kelompok-kelompok Yahudi mengkritik Paus Fransiskus dan menuntut klarifikasi atas komentarnya yang mereka anggap menuduh Hamas dan Israel melakukan "terorisme".

Paus Fransiskus melontarkan komentar tersebut pada hari Rabu (23/11) setelah bertemu secara terpisah dengan kerabat Yahudi dari sandera yang ditahan oleh Hamas dan dengan warga Palestina yang memiliki keluarga di Gaza.

Kemudian pada hari itu pada audiensi umum di Lapangan Santo Petrus, dia berbicara tentang pertemuan tersebut, mengatakan dia merasakan penderitaan kedua belah pihak.

"Inilah dampak perang. Tapi di sini kita sudah melampaui perang. Ini bukan perang. Ini terorisme," kata dia dilansir dari Reuters, Jumat (24/11).

Ia meminta doa agar kedua belah pihak “tidak terus-terusan terbawa hawa nafsu, yang pada akhirnya membunuh semua orang”.

Dalam pernyataan kerasnya pada hari Kamis, Dewan Majelis Rabi Italia (ARI) menuduh Paus "secara terbuka menuduh kedua belah pihak melakukan terorisme".

Mereka kemudian menuduh "para pemimpin Gereja" yang tidak disebutkan namanya tidak mengutuk serangan Hamas dan "menempatkan pihak yang menyerang dan pihak yang diserang dalam posisi yang sama atas nama ketidakberpihakan".

Pada konferensi pers Palestina pada hari Rabu, mereka yang bertemu dengan Paus mengatakan bahwa Paus mengecam tindakan Hamas sebagai teror, namun juga mengutip perkataannya yang mengatakan bahwa “teror tidak seharusnya membenarkan teror”. Mereka juga mengutip dia yang menggunakan kata "genosida" untuk menggambarkan situasi di Gaza.

Orang-orang bersenjata dari Hamas menerobos pagar perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang, menurut penghitungan Israel.

Sejak itu, lebih dari 14.000 warga Gaza telah tewas akibat pemboman Israel, sekitar 40% di antaranya adalah anak-anak, menurut otoritas kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Dalam sebuah postingan pada Rabu malam di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Komite Yahudi Amerika (AJC) berterima kasih kepada Paus karena telah bertemu dengan keluarga para sandera dan atas seruannya berulang kali untuk membebaskan mereka yang ditahan.

Namun AJC menambahkan: "Kemudian, dia menggambarkan perang Israel-Hamas sebagai 'di luar perang' sebagai 'terorisme.' Pembantaian dan penculikan warga sipil yang dilakukan Hamas adalah terorisme. Pertahanan diri Israel bukan terorisme. Vatikan, mohon klarifikasi".

Dalam sebuah pernyataan, Simon Wiesenthal Center, sebuah organisasi hak asasi manusia Yahudi yang berbasis di AS, meminta Paus “untuk tidak melupakan bahwa semua kerugian dan penderitaan sejak 7 Oktober berasal dari tindakan Hamas yang tidak dapat ditoleransi”.

Dikatakan bahwa semua penderitaan dan kehilangan keluarga sandera dan warga sipil di Gaza berada “di tangan teroris Hamas yang, pada tanggal 7 Oktober, melakukan pembunuhan massal terburuk terhadap orang-orang Yahudi sejak kekalahan Nazi dengan cara yang paling brutal Jerman dan Perang Dunia II".

Para rabi Italia mempertanyakan manfaat dari “dialog Yahudi-Kristen selama beberapa dekade” jika ketika orang Yahudi diserang, Vatikan merespons dengan “akrobatik diplomatik”.

Kardinal Matteo Zuppi, yang telah melakukan beberapa misi perdamaian di Ukraina untuk Paus, membelanya pada hari Kamis, mengatakan kepada wartawan bahwa Paus “tidak menempatkan semua orang pada pandangan yang sama” dan bahwa Paus “memahami motivasi pemerintah Israel” .

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi