Lapas Siborongborong Launching Program Surat Napi Kita

Lapas Siborongborong Launching Program Surat Napi Kita
Kepala KPLP Lapas kelas II B Siborongborong, Yusrifa Arif, melaunching program 'Surat Napi Kita' dihadapan petugas dan warga binaan di Ruang WBK Lapas setempat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com Siborongborong - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Siborongborong melaunching (meluncurkan) Program Surat Napi Kita.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Siborongborong kelas II Siborongborong,Yusrifa Arif mengatakan, program Surat Napi Kita ini merupakan inovasi baru
yang digagas olehnya untuk meningkatkan jalur komunikasi antara petugas dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Inovasi 'Surat Napi Kita' diciptakan sebagai metode komunikasi surat-menyurat atau korespondensi untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi positif antara petugas dan warga binaan,"ujarnya, Jumat, (1/12).

Yusrifa Arif yang kini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan VI di Pusat Pelatihan Pengembangan Dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Tahun 2023 yang diadakan di Jatinangor, Jawa Barat juga menambahkan, program Surat Napi Kita ini ciptakan untuk deteksi dini dalam rangka memelihara keamanan di Lapas Siborongborong.

"Kita harap dengan adanya program Surat Napi Kita ini menjadi saluran komunikasi positif yang lebih efektif antara petugas dengan warga binaan dan sekaligus sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib),"pungkasnya.

Dia mengaku, sampai sejauh ini pihaknya memang terus membangun jalur komunikasi positif terhadap WBP. Baik melalui jalur komunikasi tatap muka maupun melalui sosialisasi.

Hanya saja kata dia, dalam praktiknya, komunikasi tatap muka langsung ini belum memberikan hasil yang optimal untuk menyerap aspirasi dan keluhan warga binaan.

"Ada beberapa permasalahan yang timbul dengan pendekatan komunikasi tatap muka langsung, seperti keterbatasan dalam menyampaikan perasaan, keterbatasan tempat, waktu dan akses serta tidak terdokumentasi dengan baik,"ungkapnya.

Untuk itu dia mengatakan, dengan adanya program Surat Napi Kita ini diharapkan bisa menjadi dan sebagai solusi cerdas dalam rangka meningkatkan jalur komunikasi positif dan efektif terhadap WBP.

"Program, 'Surat Napi Kita' diharapkan dapat memberi solusi jalur komunikasi positif dan efektif terhadap warga binaan,"ucapnya.

Apresiasi

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas II B Siborongborong, Krisman Ziliwu dan Kalapas Kelas IIA Narkotika Langkat Parlindungan Siregar yang juga sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Siborongborong mengapresiasi atas launchingnya program inovasi baru Surat Napi Kita.

"Saya mengapresiasi inovasi ini dan berharap dengan hadirnya program ini kiranya dapat meningkatkan komunikasi antara warga binaan dengan petugas, sehingga terjalin kedekatan emosional,"ujar Krisman Ziliwu.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi